Survei ASI: Anies Puncaki Top of Mind Kandidat Cagub DKI, Disusul Heru dan Ahok

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamu Penjabat Gubernur (Pj) DKI Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Oktober 2022.
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali

VIVA Politik – Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) memaparkan hasil survei terbaru yang berjudul 'Evaluasi Kinerja dan Peta Elektoral Pilkada DKI Jakarta 2024'. Dalam survei tersebut diketahui bahwa ada sejumlah nama yang masuk menjadi kandidat Calon Gubernur DKI Jakarta berdasarkan pilihan masyarakat. 

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Dalam pertanyaan terbuka, terkait pilihan calon gubernur DKI Jakarta, nama Anies Baswedan masih menjadi nama yang paling banyak dipilih oleh Masyarakat. Nama Anies bersaing dengan nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di posisi ketiga.

"Urutannya Anies Baswedan (11,5%), Heru Budi Hartono (9,3%), Basuki Tjahaja Purnama (7,8%), Sandiaga Uno (4,0%), Ridwan Kamil (3,5%), Ahmad Sahroni (2,8%), Gibran Rakabuming Raka (2,8%), Agus Harimurti Yudhoyono (1,5%), Erick Thohir (1,5%), dan Tri Rismaharini (1,3%). Lainnya (2,3%) dan TT/TJ (51,8%)," kata Direktur Eksekutif ASI Ali Rif'an dalam keterangannya, Rabu 31 Mei 2023.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Anies Baswedan dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Berpelukan

Photo :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

Ali mengatakan, dalam survei kali ini, ASI juga meneliti mengenai preferensi karakter kepemimpinan di Jakarta. Menurutnya, Warga Ibu Kota mayoritas mengutamakan sosok pemimpin yang jujur.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Terkait karakter pemimpin yang dibutuhkan, Jujur (27,0%) adalah karakter yang paling banyak dipilih, disusul Cepat/Responsif (24,3%), Merakyat (18,0%), Tegas (11,5%), dan Religius(5,3%), sementara yang tidak tahu/tidak jawab 8,3%," ujarnya

Selama beberapa waktu ke depan, kata Ali, hasil survei ini masih mungkin berubah. Terlebih apabila nama-nama populer seperti Anies Baswedan dihilangkan karena yang bersangkutan mengikuti kontestasi pemilihan presiden (Pilpres). 

Lebih dari 50 persen responden mengaku masih mungkin mengubah pilihannya terkait sosok yang dinilai tepat menjadi Gubernur DKI ini. "Sebanyak 52,3% masyarakat mengaku masih mungkin mengubah pilihan terkait Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024, sementara yang mengatakan tidak akan berubah 24,5%, dan yang tidak tahu/tidak jawab 23,3%," ujar Ali

Bacapres Anies Baswedan temui relawan

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sekadar informasi, survei ini dilakukan oleh ASI pada tanggal tanggal 11 – 18 Mei 2023 dan dilaksanakan di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancara secara tatap muka menggunakan kuesioner.

Metode penarikan sampel dalam survei ini menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 responden. Margin of error survei ini adalah +/- 4,9% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya