Elektabilitas Prabowo Meningkat, Pengamat: Dulu Dianggap Tempramen, Sekarang Ada Joget-jogetnya

Aminkan! Menhan Prabowo Doakan 4 Petarung One Pride MMA Dapat Kontrak UFC
Sumber :
  • Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Politik – Survei Litbang Kompas menyatakan bahwa elektabilitas ketua umum partai Gerindra Prabowo Subianto berhasil menyalip elektabilitas Ganjar Pranowo. Hal itupun disebut sebagai bagian buah dari perubahan strategi politik yang dilakukan Gerindra.

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

"Perolehan suara Pak Prabowo dengan Gerindra, di mana Pak Prabowo bisa menyalip Ganjar dan kemudian di mana Gerindra di posisi dua besar, itu tidak lepas dari strategi politik Gerindra yang memang banyak melakukan evaluasi perubahan," ujar Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo di Jakarta Selatan pada Rabu 31 Mei 2023.

Ari menjelaskan bahwa bentuk perubahan dari Gerindra itu yakni tidak lagi mencontohkan Prabowo sebagai tokoh yang keras karena punya latar belakang sebagai pensiunan militer.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Menurutnya, dari latar belakang yang dimiliki Prabowo itupun menjadikan publik menganggap bahwa Prabowo punya sikap tempramen.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Jadi sosok Pak Prabowo yang dipersepsi publik temperamen karena militer, keras, tertrasnformasikan lebih lembut ya, ada joget-jogetnya di publik, lalu ada silat," kata dia.

Kemudian Ari menjelaskan bahwa elektabilitas Prabowo meningkat lantaran partai Gerindra pernah melakukan pencitraan di sosial media.

"Mesin Partai Gerindra memang melakukan betul bagaimana perubahan strategi dan komunikasi politik Pak Prabowo," ucap Ari.

Kemudian cara bersilaturahmi Prabowo ke sejumlah tokoh nasional hingga tokoh agama di Indonesia pun menjadi salah satu tolak ukur meningkatnya elektabilitas Prabowo.

Pun, menurut Ari, elektabilitas Ganjar dikatakan bisa turun karena sikapnya yang menolak kehadiran tim nasional Israel pada Piala Dunia U-20 yang semestinya digelar di Indonesia.

Tak lama setelah Ganjar dan PDI Perjuangan menyuarakan penolakan terhadap Israel, Indonesia dinyatakan batal menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut.

"Faktor gagalnya (Piala Dunia) U-20 itu menjadi faktor penting bagaimana sosok Mas Ganjar ini menjadi begitu disorot publik," beber dia.\

Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengalami peningkatan dalam elektabilitasnya berdasarkan hasil simulasi tiga nama capres pada bulan Mei 2023. Prabowo berhasil mencapai elektabilitas sebesar 36,8%, meningkat dari angka 29,1% yang diperoleh pada bulan Januari 2023.

Anies Baswedan juga mengalami penurunan elektabilitas dalam simulasi tiga capres pada bulan Mei 2023. Ia meraih elektabilitas sebesar 23,2%, turun dari angka 26,8% yang diperoleh pada bulan Januari 2023.

Survei Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka dan berlangsung pada periode 29 April hingga 10 Mei 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Metode survei yang digunakan oleh Litbang Kompas memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95%. Dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana, margin of error survei ini adalah sekitar +- 2,83%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya