Mahfud MD Ingatkan Koalisi Pendukung Anies Kompak agar Tak Dijegal Internal Sendiri

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • tvOne/Veros Afif

VIVA PolitikMenko Polhukam Mahfud MD menyebut rumor penjegalan bakal calon presiden (Capres) Anies Baswedan pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan cawe-cawe, hanya isu politik. Dia membantah keras penerintah bakal lakukan hal-hal yang bisa merusak demokrasi. 

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

"Ndak ada (penjegalan), itu isu politik, itu bagian dari perlombaan kontestasi politik, yang mengatakan itu menjegal mungkin biar pendukungnya muncul atau mungkin biar yang milih sedikit, kalau pemerintah tidak berkehendak," kata Mahfud MD di Ende, NTT, Kamis, 1 Juni 2023.

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

Mahfud menegaskan, pemerintah tidak akan ikut campur dengan berupaya menjegal salah satu bakal capres. Mahfud justru mengingatkan kepada kelompok pendukung Anies Baswedan agar tidak dijegal di internalnya sendiri.

"Ndak ada menjegal, malah saya katakan kepada dia, kamu harus usahakan didalam berbagai forum agar koalisi yang mendukung Anies itu kompak, agar Anies tidak dijegal oleh internalnya sendiri," kata Mahfud.

Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?

Mahfud memastikan konsitusi telah memberikan hak kepada setiap bakal capres untuk maju pada Pemilu 2024.

"Kalau pemerintah ndak, kami lindungi haknya," kata Mahfud.

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Photo :
  • istimewa/Edwin Firdaus

Sebelumnya, kubu Koalisi Perubahan merasa adanya upaya kelompok tertentu dalam menjegal bakal Capres Anies Baswedan agar tak bisa maju di Pilpres 2024. Tudingan itu mengarah ke pihak istana. Bahkan, elite-elite Koalisi Perubahan sampai merapatkan masalah itu di Pulau milik Surya Paloh, di Kepulauan Seribu, beberapa hari lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya