Zulhas Bertemu Megawati, PPP Rayu PAN Gabung Dukung Ganjar

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik - Petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) dipimpin Zulkifli Hasan atau Zulhas akan mendatangi markas DPP PDI Perjuangan (PDIP) di Menteng, Jakarta. Elite PAN akan sowan menemui Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Respons Keraguan Pentolan Projo, Gibran Optimis Peluang Jokowi-Megawati Bertemu

Menanggapi itu, Juru Bicara DPP PPP Donnie Tokan menyambut baik rencana bertemunya elite PAN dengan Megawati.

Donnie mewakili PPP mengajak PAN mengikuti jejak pihaknya untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pemilu 2024.

Dasco : Amicus Curiae Pernah Disampaikan Kubu 03, Tapi Patah di Persidangan

"Jadi, kami menyambut gembira dan baik apabila Pak Zulhas dalam pertemuan dengan Bu Mega bisa menyatakan bergabung untuk kerja sama (mendukung Ganjar Pranowo)," kata Donnie kepada wartawan, Jumat, 2 Juni 2023.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.

Photo :
  • ANTARA/Galih Pradipta
PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

Donnie mengklaim PPP yang saat ini masih Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan Golkar, berharap parpol pimpinan Zulhas itu juga mendukung Gubernur Jawa Tengah itu.

Terlebih, kata Donnie, PAN juga sempat memberikan sinyal mendukung pasangan Ganjar Pranowo untuk berduet dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

"PAN itu kan pernah punya pernyataan ketua umum itu bahwa mendukung Ganjar-Erick waktu itu. Dukung Ganjar lah waktu itu," ujarnya.

Pun, Donnie bersyukur jika PAN bergabung untuk memperkuat tim pemenangan Ganjar di Pilpres 2024. Sebab, status PAN saat ini juga sebagai salah satu parpol yang memiliki kursi di parlemen saat ini.

"Nah, jadi kalau itu terjadi (PAN dukung Ganjar) Alhamdulillah bisa memperkuat tim pemenangan Mas Ganjar. Kalau kami dengan PDIP sudah cukup, tapi bertambah kan akan lebih baik," kata Donnie.

Sebelumnya, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menginformasikan atau Zulhas akan bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP pada Jumat siang, 2 Juni 2023. Ia menjelaskan, agenda tersebut hanya silaturahmi antar partai politik (parpol) menjelang Pemilu 2024.

"Iya, (diterima) Ibu (Megawati). (Agendanya) Silaturahim, silaturahim," kata Eddy.

Sementara, Zulhas membenarkan rencana pertemuan dengan Megawati. Dia bilang pertemuan nanti rencananya akan berlangsung pada pukul 14:30-15:00 WIB.

Dia menyampaikan pertemuan itu membahas peluang kerja sama antara PAN dengan PDIP untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

"Secara resmi, ini pertama kali kami (DPP PAN) silaturahmi bertemu Bu Megawati (DPP PDI Perjuangan) untuk melakukan pembicaraan penjajakan kerja sama koalisi Pilpres 2024," kata Zulhas di Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya