Usai Bertemu Zulhas, Megawati: Silakan PAN Diskusi Internal

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan pertemuan partainya dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum, Zulkifli Hasan alias Zulhas merupakan pertemuan yang sangat aktif dan penuh kebersamaan.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

"Pertemuan yang baru saja disampaikan pak Ketum PAN, pertemuan ini sangat aktif dan penuh dengan kebersamaan juga hal-hal yang nantinya akan dilakukan karena ini kedatangan pertama," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Juni 2023.

"Partai Amanat Nasional merupakan partai kedua karena sebelumnya yang pertama datang dari PPP yang juga telah menyampaikan niat dan maksudnya dan dengan resmi PPP itu sudah bersama dengan PDIP," sambungnya.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Dalam pertemuan itu juga, kata Megawati, dirinya menyampaikan hal-hal yang menjadi fokus untuk pemenangan Ganjar pada kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya yaitu, dia telah membentuk dua tim khusus.

"Tadi kami juga telah menerangkan kepada beliau, di PDIP sekarang telah dibentuk dua tim. Yang pertama maksud saya tim untuk pemenangan, pertama itu tim pemenangan adalah ketuanya ibu Puan Maharani juga Ketua DPR," kata Megawati. 

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Zulkifli Hasan, Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani

Photo :
  • Humas PDIP

Tim kedua, kata Mega, PDIP membentuk tim yang mengepalai sukarelawan untuk mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

"Jadi ini ada tim kedua yang dipimpin pak Basarah. Jadi, tim kedua ini meski tim satu dan dua bergabung menjadi satu, tadi mbak Puan mengingatkan saya sebetulnya, saya juga mau menyampaikan, yang kedua ini mengoordinasikan sukarelawan," kata Megawati.

Setelah bertemu dengan PDIP, lanjut Megawati, dia juga mempersilakan pihak PAN untuk berdiskusi secara internal. Dia juga mengaku akan berkunjung ke Kantor DPP PAN untuk mendiskusikan hal-hal lainnya.

"Itu tadi yang coba kami diskusikan dan tentunya karena ini pertemuan pertama, tadi telah saya katakan, silakan dari pihak PAN setelah pertemuan pertama akan mendiskusikan internal, sehingga dengan demikian saya katakan silakan, hanya nanti setelah ini akan berkunjung ke kantor DPP PAN," pungkasnya. 

Rombongan PAN tiba di DPP PDIP sekitar pukul 14.30 WIB dan pertemuan itu berlangsung pukul 15.00 WIB di kantor pusat PDIP. Zulkifli Hasan alias Zulhas hadir ditemani sejumlah petinggi PAN, di antaranya Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Bendahara Umum Totok Daryanto, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, dan Eko Patrio.

Tampak hadir juga beberapa pejabat teras PDIP, misalnya Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, Ketua Djarot Syaiful Hidayat, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Ketua Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adiyanto dan Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden, Ganjar Pranowo.

PDIP sudah mendeklarasikan kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. PPP mengikuti langkah PDIP sudah mendukung Ganjar. Selain itu, ada parpol nonparlemen seperti Hanura dan PSI yang juga deklarasikan Ganjar jadi bakal capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya