Ragu Koalisi Anies Punya Cawapres Kejutan, Pakar: Berat, Belum Tentu Bisa Menang

Bakal capres 2024 Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Elite Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) mengklaim sudah memutuskan satu nama bakal cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Figur cawapres itu diklaim akan mengejutkan dengan rencana deklarasi paling lama 16 Juli mendatang.

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Pakar politik Ujang Komarudin menganalisa cawapres kejutan versi KPP agak membingungkan. Ia mengatakan demikian karena petinggi PKS sebelumnya sudah menyebut tiga nama cawapres Anies mengerucut ke tiga nama yaitu Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan atau Aher.

"Kalau dari tiga nama itu, yang laku jual mungkin dari internal Koalisi Perubahan yaitu AHY dari internal, eksternal Khofifah," kata Ujang kepada VIVA, Minggu malam, 4 Juni 2023.

Kejar Rekapitulasi, KPU Papua dan Papua Pegunungan Terbang ke Jakarta Malam Ini

Dia memprediksi sulit nama cawapres dari luar dua nama potensial AHY dan Khofifah. Bagi dia, KPP juga sulit menang jika mengandalkan sosok cawapres kejutan.

"Saya sih melihatnya sulit, berat. Siapa? Kan begitu. Jadi, soal kejutan, gak ada kejutan juga," tutur Dosen Universitas Al Azhar Indonesia tersebut.

Pingin Segera Tarung di MK, PKB Harap KPU Umumkan Pemenang Pilpres Malam Ini

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, jika ada nama di luar Khofifah dan AHY maka akan berat menang di 2024. Selain itu, ia mempertanyakan bila ada sosok selain AHY dan Khofifah yang belum tentu diterima KPP.

"Karena apa namanya berat. Belum tentu diterima di Koalisi Perubahan. Dan, belum tentu juga bisa menang. Karena terkait elektabilitas, atau suara misalkan elektabilitas dan lain-lain," ujarnya.

Ujang melihat sulit ada nama selain AHY dan Khofifah. Tapi, jika memang ada, ia berpandangan itu hak dari KPP selaku poros koalisi pendukung Anies.

"Tapi, apakah berani? Ya terus ada hitung-hitungan rasionalitas terutama terkait dengan elektabilitas Anies tersebut," tuturnya.

Sebelumnya, KPP klaim sudah menentukan satu nama cawapres pendamping Anies di Pilpres 2024. Dari Nasdem, menyebut satu nama cawapres itu sudah disepakati Anies bersama tim delapan. Figur cawapres itu disebut akan dideklarasikan paling lama 16 Juli mendatang.

Pun, dari Demokrat juga klaim akan segera mengumumkan nama cawapres yang akan mendampingi Anies.

Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan sosok bakal cawapres Anies akan mengejutkan banyak pihak.

"Pasangan ini benar-benar akan mengejutkan koalisi-koalisi dan capres-capres lain. Karena inilah yang ditunggu-tunggu rakyat," kata Herzaky dalam keterangannya, Minggu, 4 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya