Elektabilitas Menurun, Demokrat Minta Anies Baswedan Umumkan Cawapres Juni 2023

Andi Arief
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Politik – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief menyarankan agar bakal calon presiden Anies Baswedan segera mengumumkan cawapres pendampingnya.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Pasalnya, Partai Demokrat menduga turunnya elektabilitas Anies sebagai capres akibat tidak ada kejelasan mengenai cawapres di 2024. Andi lantas mengusulkan agar Anies mengumumkan nama cawapresnya pada Juni 2023.

“Memang ada kecenderungan (elektabilitas) menurun dari survei Indikator, karena mungkin, dugaan kami, hipotesa kami, adalah lambatnya proses deklarasi,” kata Andi Arief dalam keterangannya diterima Senin, 5 Juni 2023.

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Anies

Photo :
  • 1470986

Andi Arief meyakini, deklarasi nama cawapres 2024 bakal mendongkrak naik tren elektabilitas Anies. Menurutnya, publik saat ini membutuhkan kepastian dari Anies soal siapa nama cawapres pendampingnya di Pilpres 2024.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

“Kalau jarak sudah cukup menganga, itu pasangannya juga akan berat. Jadi harus segera dilakukan deklarasi berpasangan supaya rakyat dan basis-basis pemilih partai maupun mereka yang mau perubahan itu yakin, mulai bergerak, dan menaikkan kembali elektabilitas Pak Anies,” kata Andi Arief.

Elektabilitas Anies sebagai capres memang mengalami stagnan bahkan cenderung turun dalam beberapa periode. Hal ini terlihat dari hasil sejumlah lembaga survei soal elektabiitas capres 2024. Posisi Anies bahkan berada pada urutan ketiga untuk capres 2024. Sementara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menempati urutan pertama dan kedua hasil sejumlah lembaga survei.

Bakal

Photo :
  • 1485995

Elite Partai Nasdem sebelumnya menyebut bahwa nama cawapres Anies Baswedan sudah dipilih. Namun pengumumannnya akan dideklarasikan paling lambat 16 Juli 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya