Mahfud Md Klaim Tolak Mentah-mentah Tawaran Jadi Cawapres Anies Baswedan

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • tvOne/Veros Afif

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengaku pernah menolak tawaran PKS untuk menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan. Mahfud menyebut pinangan itu dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat berkunjung ke kediamannya pada April lalu. 

PKS Hormati Putusan MK: Selamat Bertugas Prabowo-Gibran

“Saya bilang jangan saya, nanti malah pecah. Anies kalau nanti koalisinya enggak setuju malah Anies-nya nantinya enggak dapat tiket (baca: tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan), kalau partainya satu keluar [dari koalisi)," kata Mahfud kepada awak media di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 5 Juni 2023. 

Mulanya, Mahfud menanggapi pernyataan-pernyataan mantan wakil menteri hukum dan HAM Denny Indrayana yang kerap menganggap pemerintah menjegal pencapresan Anies Baswedan. Mahfud bahkan menitipkan pesan agar Denny bisa memastikan Anies mendapatkan tiket capres 2024.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

Dia mengingatkan, jangan sampai Anies gagal memenuhi persyararatan mendaftar sebagai capres karena persoalan internal lantas menyalahkan pemerintah. 

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

"Saya pesan ke Denny, tolong Anies dijaga agar tetap mendapat tiket (capres di 2024). Nanti yang dituduh kalau ndak dapat tiket, Pemerintah, karena nuduhnya Pemerintah terus mengganjal Anies. Saya pesan ke Denny tolong itu dijaga," kata Mahfud.

Presiden

Photo :
  • 1469655

Anies diusung oleh Koalisi Perubahan dan Persatuan yang diinisiasi Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS. Meski sepakat mengusung Anies di Pilpres 2024, hingga kini koalisi ini tak kunjung mendeklarasikan cawapresnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya