Soal Sistem Pemilu 2024, Golkar Optimis Putusan MK Akan Objekif Pakai Hati Nurani

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • VIVA/Ilham

Jakarta –Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengaku masih optimis Mahkamah Konstitusi (MK) bakal objektif dalam memutuskan uji materi sistem pemilu

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu

"Kami enggak mau mengandai-andai, kami masih yakin sembilan hakim konstitusi itu masih punya hati nurani, berpikir jernih, objektif melihat realitas, menjaga reputasi Mahkamah Konstitusi," kata Doli Kurnia dikutip awak media, Selasa, 6 Juni 2023. 

Ahmad

Photo :
  • 1291686
TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Doli mengingatkan kembali jika pada 2008 MK sudah mengeluarkan putusan sistem pemilu proporsional terbuka. Sehingga, MK diminta konsisten menjaga putusan tersebut.

"Dan, waktu itu juga Golkar yang mengambil inisiatif ketemu dengan tujuh fraksi yang lain di DPR, bahkan Ketua Umum Golkar waktu itu bertemu dengan tujuh ketua umum partai politik lain. Sikapnya jelas dan konsisten sampai sekarang," kata Doli.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Sebelumnya, ramai diperbincangkan publik mengenai informasi yang disampaikan mantan Wamenkumham Denny Indrayana megenai bakal diputuskannya sistem pemilu dengan sistem proporsional tertutup oleh MK. Sontak informasi tersebut ditanggapi partai-partai di parlemen yang menolak sistem tersebut.

Juru Bicara Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz.

Jelang Putusan Sengketa Pilpres, Timnas Amin Ragukan Independensi Hakim MK

Mahkamah Konstitusi akan membacakan putusan atas gugatan sengketa hasil Pilpres 2024, yang diajukan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024