Puan Soal Pidato Jokowi Dukung Ganjar: Silahkan Dicerna Sendiri

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mempersilahkan masyarakatt mengartikan sendiri arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. 

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Diketahui, Presiden Jokowi turut hadir dalam pembukaan rapat kerja nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Rakernas itu berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Juni 2023. 

Puan mengatakan, Presiden Jokowi juga memberi masukan serta gambaran kerja pemerintahan kepada kader PDIP lainnya. Dia berharap agar apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dapat diteruskan calon presiden mendatang.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Presiden

Photo :
  • 1486521

"Dan berharap bahwa apa yang sudah beliau laksanakan itu bisa diteruskan oleh PDI Perjuangan beserta presidennya PDI Perjuangan yang akan datang, insyaallah, amin. Jadi silakan saja dicerna sendiri. Kira-kira apa ya kalau kaya begitu," kata Puan saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Ketua DPR Republik Indonesia ini tidak mau mengklaim bahwa Presiden Jokowi 100% mendukung Ganjar. Oleh sebab itu, dia hanya memberikan berbagai contoh gelagat Jokowi.

"Saya juga tidak bisa kemudian mengklaim atau mengatakan pasti, pasti, pasti. Nanti dianggapnya presiden terlalu intervensi atau cawe-cawe secara berlebihan," katanya.

Namun, Puan meyakini orang nomor satu di Indonesia itu percaya calon presiden dari PDIP, yakni Ganjar Pranowo akan meneruskan berbagai kebijakan strategisnya.

"Kami optimis apa yang sudah dilaksanakan akan kami teruskan bersama-sama dengan PDI Perjuangan dan calon presiden dari PDI Perjuangan yang nantinya Insya Allah semoga, Insya Allah bisa menjadi presiden selanjutnya," pungkasnya.

Bacapres

Photo :
  • 1486085

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Presiden periode 2024-2029 nanti harus memiliki keberanian untuk memimpin Republik Indonesia. Menurut dia, keberanian seperti itu terlihat ada pada sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang dicalonkan sebagai calon presiden oleh PDI Perjuangan dan PPP.

“Pemimpin ke depan seperti Ganjar Pranowo, memang nyali itu nomor 1, berani nomor 1 dan saya lihat Pak Ganjar punya,” kata Jokowi saat hadiri rapat kerja nasional (rakernas) III PDI Perjuangan di Lenteng Agung pada Selasa, 6 Juni 2023.

Disamping itu, Jokowi juga angkat bicara soal cawe-cawe dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Menurut dia, kepala negara punya beban moral untuk menjaga keamanan saat pelaksanaan pemilu.

“Sudah saya sampaikan bahwa saya cawe-cawe tuh, menjadi kewajiban moral, menjadi tanggungjawab moral saya sebagai presiden di masa transisi 2024,” ujarnya.

Menurut dia, negara harus memastikan proses pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, tentram dan kondusif. Sehingga, Jokowi tidak boleh diam sebagai Kepala Negara untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Harus menjaga agar pilpres itu bisa berjalan dengan baik tanpa ada riak-riak yang membahayakan negara dan bangsa. Masa riak-riak yang bahayakan bangsa dan negara, saya diem? Enggak lah,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya