Alasan Krusial AHY soal Demokrat Desak Cawapres Anies Segera Diumumkan

Agus Harimurti Yudhoyono AHY Hadiri Milad PKS
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui pihaknya memberikan batas waktu agar nama bakal calon wakil presiden Anies Baswedan segera diumumkan. AHY mengatakan ada upaya penjegalan terhadap Anies.

Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?

Dia tak menampik ada kekhawatiran soal upaya penggembosan terhaap Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies sebagai bakal capres.

“Apakah semangat kesegaran ini satu nafas dengan kekhawatiran terjadinya upaya penggagalan koalisi perubahan dan juga pencapresan Mas Anies Rasyid Baswedan? Bisa jadi,” kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat pada Rabu, 7 Juni 2023.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

AHY

Photo :
  • 1476726

Namun, AHY tidak ingin terlalu berandai-andai. Akan Dia mengatakan, secara logika jika semakin cepat bersatu, terintegrasi, maka akan baik sistem maupun orang per orang.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Dengan demikian, menurutnya tingkat atau kans kesuksesan juga lebih baik.

“Sebaliknya, kalau kurang waktu rasanya juga kita harus bekerja jauh lebih rumit lagi,” lanjut AHY.

AHY berkelakar sekaligus mengingatkan bahwa RI itu luas. Kata dia, RI bukan negara kontinental yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat saja, seringkali lewat udara, sering kali lewat laut. Selain itu, jumlah penduduknya juga besar.

Sementara, dia menyinggung durasi masa kampanye hanya 75 hari yang dinilainya tidak cukup. Dia mengatakan jika punya harapan besar menjangkau masyarakat di seluruh pelosok Indonesia, maka bukan hanya bicara yang ada di Jakarta atau kota-kota besar lainnya.

Menurut dia, menuju Pilpres 2024 dengan durasi kampanye singkat diperlukan mesin politik yang bekerja sangat efektif.

“Partai-partai politik sebagai pengusung Insya Allah pada saatnya itu juga harus menjalankan manajemen krisis, manajemen kampanye yang juga modern, tapi mengakar betul di masyarakat dan konsekuensi kita,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam poros KPP yang mendukung Anies nyapres terjadi perbedaan soal deklarasi pengumuman nama bakal cawapres. Sebelumnya, elite KPP mengklaim sudah ada satu nama cawapres pendamping Anies yang disepakati.

Namun, dari Nasdem ingin cawapres itu diumumkan dengan deadline Juli 2023. Tapi, dari suara Demokrat meminta agar lebih cepat yaitu Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya