Tidak Halang-halangi Anies Baswedan Cari Cawapres, PDIP: Anies Mau Nyebut Mbak Puan Boleh

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – PDI Perjuangan menegaskan bahwa mereka tidak akan menghalangi Anies Baswedan untuk mencari cawapres pendampingnya. Bahkan jika memang Anies mau memasukkan Puan Maharani maka PDIP tidak keberatan.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Itu dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Said Abdullah. Dia menegaskan, partainya tidak melarang jika seandainya Anies Baswedan menyebut Ketua Puan Maharani masuk dalam bursa cawapresnya.

"Monggo Pak Anies mau cari siapa, kami tidak akan menghalang-halangi, bahkan Mas Anies mau nyebut Mbak Puan pun, boleh," ujar Said di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dikutip Kamis, 8 Juni 2023.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Tak hanya Anies, hal tersebut juga berlaku untuk seluruh kandidat bakal calon presiden, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Menurutnya, semua partai politik memiliki kewenangan dan kedaulatannya masing-masing.

"Sama halnya Bapak Prabowo, mencari cawapres, siapa pun monggo karena masih dalam batas kewenangan dan otonomi serta kedaulatan partai masing-masing," kata dia.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Soal AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Said juga merespons perihal nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo. Dia menegaskan, masuknya nama AHY dalam bursa cawapres Ganjar merupakan hal yang serius, bukan main-main.

"Loh bayangin saja kalau 'Masukin aja si Said, masukin aja si AHY', loh enggak begitu," ucap Said.

Said mengatakan, partai berlambang banteng moncong putih itu melakukan berbagai pertimbangan yang matang untuk mengusulkan nama AHY ke dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo.

"Kan kita lihat yang satu Pak AHY ketua umum, yang satu partainya elektabilitasnya semakin naik," kata Said.

Selain itu, Said juga membantah bahwa nama AHY sengaja muncul di bursa cawapres Ganjar untuk merusak Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Jangan, kita itu tidak boleh kemudian menyebut nama seseorang dengan sikap 'mau merusak koalisi atau menegasikan'. Kami tidak akan melakukan itu," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya