Sahroni Sebut Demokrat Maksa AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengatakan ada paksaan dari Partai Demokrat untuk menjadikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan untuk maju pada Pilpres 2024.

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

"Mereka maksa pokoknya untuk AHY mendampingi Anies," kata Sahroni kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Juni 2023.

Agus

Photo :
  • 1483726
Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Sahroni juga menjawab isu bahwa Demokrat mendorong Nasdem agar segera mendeklarasikan cawapres Anies Baswedan. Ia menilai, usaha itu sebagai sesuatu yang normal dilakukan oleh partai besar yang tergabung dalam satu koalisi.

Diketahui, Demokrat bersama Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tergabung dalam satu koalisi bernama Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Koalisi ini mendeklarasikan Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. 

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

"Namanya usaha (mendorong untuk segera deklarasi cawapres) boleh-boleh saja, kan enggak ada paksaan. Ya namanya normal, nanya kapan mau diumumin wajar lah. Namanya juga partai besar, juga pengen kader sendiri yang muncul sebagai cawapres Anies," tuturnya. 

Sebelumnya diberitakan, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) besutan Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anies Baswedan akan mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) paling lambat 16 Juli 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya. Kata Willy, sudah ada satu nama bakal cawapres Anies Baswedan yang telah diputuskan Tim 8 KPP.

"Tangga 16 Juli 2023 deadline, waktu yang kita tetapkan deklarasi semuanya. Tapi, kalau ada waktu yang lebih presisi sebelum itu akan lebih bagus ya," kata Willy kepada wartawan di Nasdem Tower, Jumat, 2 Juni 2023.

Ketua

Photo :
  • 1429086

Willy menjelaskan, keputusan nama bakal cawapres dari tim 8 itu telah disampaikan Anies Baswedan ke Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat bertemu di Pacitan, Jawa Timur. 

Kemudian, hari ini, Jumat, 2 Juni 2023, Anies juga menyampaikan keputusan tim 8 terkait dengan sosok bakal cawapres itu ke Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Cawapres itu sudah kita putuskan di tim 8 jadi 1 nama iya, dan kemarin Mas Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim 8 ke Pak SBY dan Mas AHY, hari ini ke Pak Surya Paloh, nanti ke Presiden PKS dan Habib Salim," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya