Pilkada, 5 Daerah di Sumbar Dijaga Khusus

Melipat surat suara Pilkada Makassar
Sumber :
  • Antara/ Adnan

VIVAnews - Sebanyak 14 wilayah di Sumatera Barat, Rabu 30 Juni 2010 secara serentak akan menggelar pemilukada. Lima daerah di antaranya dapat pengamanan khusus dari Polda Sumatera Barat.

Personel tambahan akan ditempatkan di lima wilayah yang diduga rawan konflik ini, yakni Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

“Pengamanan di lima kabupaten tersebut akan ditambah karena perlu perhatian khusus,” kata Kapolda Sumbar Brigjend Pol Andayono di Padang, Selasa 29 Juni 2010.
 
Di sejumlah daerah rawan pada Pilkada sebelumnya terjadi kericuhan yang mengganggu kestabilan pemerintahan. Penambahan personel ini menjadi langkah awal untuk mencegah agar persoalan serupa tidak terulang di Pemilukada 2010.
 
Sejak kemarin, Polda Sumbar telah mengerahkan 645 personel ke 13 kabupaten/kota untuk mengamankan proses penghitungan suara. Khusus pengamanan di Kepulauan Mentawai, sebanyak 62 personel dari Pol Air Polda Sumbar telah dikerahkan.
 
Total aparat yang dikerahkan Polda Sumbar untuk pengamanan pemilukada sebanyak 6.963 personel. Kekuatan polisi ini ditambah 900 anggota TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.
 
Besok, sebanyak 3.262.656 pemilih akan memberikan hak suaranya pada 10.956 tempat pemungutan suara di 19 kota dan kabupaten. Sebanyak 68 pasangan calon kepala daerah yang telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar akan bertarung memperebutkan suara pemilih. (art)

Laporan: Eri Naldi | Padang

Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

The Industry Minister, Agus Gumiwang Kartasasmita ensured that Apple's Chief Executive Officer (CEO), Tim Cook puts investment in Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024