Prabowo Minta Izin Rakyat Sulsel Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro

Bakal calon presiden Prabowo Subianto di Rakernas APEKSI 2023
Sumber :
  • Kominfo Makassar

Makassar – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menginginkan makam Pangeran Diponegoro untuk dipindahkan ke kampung halamannya. Diketahui, makam Pangeran Diponegoro kini berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Hal itu diungkap Prabowo saat hadir dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Makassar, Kamis, 13 Juli 2023.

"Di sini, di kota ini ada makam Pangeran Diponegoro yang dibuang dari daerah asalnya dan tidak ada salahnya kita berpikir apakah tidak di alam yang merdeka. Tentunya dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan, apa tidak ada baiknya kita kembalikan makamnya Pangeran Diponegoro ke kampung halamannya lagi?" kata Prabowo.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makam Pangeran Diponegoro

Photo :
  • Istimewa

Menurut Prabowo, Pangeran Diponegoro justru telah berjuang dengan gigih demi rakyat Indonesia. Meskipun pada akhirnya dia harus tertawan musuh dan dibuang dari kampung halamannya di Yogyakarta.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Melihat hal tersebut, Prabowo lantas meminta izin dari masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan untuk menyampaikan pendapat agar makam Pangeran Diponegoro dapat dipindahkan.

"Seorang yang berjuang, tertawan oleh musuh, puluhan tahun dibuang tidak boleh kembali ke kampung halaman di saat Indonesia merdeka. Mungkin, saya sodorkan sesuatu pemikiran dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan kita kembalikan beliau ke kampung halamannya sendiri," jelas Prabowo.

Presiden terpilih Prabowo Subianto (Dok. Istimewa)

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengatakan, keberlanjutan yang akan diterapkan oleh pemerintahannya kelak tetap melakukan sejumlah perbaikan.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024