Anies Singgung JIS di Acara Apeksi: Ini Gambarnya JIS tapi Gak Ada Rumputnya di Sini

Bakal Capres Anies Baswedan di Rakernas APEKSI di Makassar 2023
Sumber :
  • Kominfo Makassar

Makassar – Bakal calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan beri sindirian menohok terkait polemik Jakarta International Stadium (JIS). Stadion yang dibangun era Anies saat Gubernur DKI itu diproyeksikan jadi venue Piala Dunia U-17.

Viral Biaya Parkir di JIS Rp 25.000 Per Motor, Begini Penjelasan Dishub DKI

Anies menyampaikan sindiran itu saat dirinya jadi salah satu tamu dalam acara Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 13 Juli 2023.

Awalnya Anies bicara soal pembangunan sebuah kota. Kata dia, pembangunan kota itu harus dirancang sesuai aspek-aspek yang bisa menyatukan kebutuhan di daerah setempat.

Donald Trump Dinyatakan Bersalah atas Rencana Uang Tutup Mulut untuk Pengaruhi Pemilu 2016

"Artinya kota secara serius dirancang untuk bekerja sama di aspek-aspek yang menjadi kebutuhannya dengan daerah sekitar," kata Anies pada Kamis, 13 Juli 2023.

Bakal Capres Anies Baswedan di Rakernas APEKSI di Makassar 2023

Photo :
  • Kominfo Makassar
PKB Atur Pertemuan dengan Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024

Anies pun menjelaskan terkait empat prinsip pembangunan kota. Keempat prinsip itu yang nantinya akan dilakukannya ke depan.

"Kami melihat ada 4 prinsip untuk kota di masa depan, layak huni, asri, adil, maju. Kira-kira 4 itu yang kita ingin lakukan ke depan," jelas eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Layak huni artinya airnya bersih, baik. Kemudian papannya tersedia, tempat tinggalnya tersedia dengan layak," tuturnya.

Dia menambahkan layak huni itu memiliki lingkungan hidupnya baik. Lalu, adil memiliki ada kesetaraan kesempatan dari mulai pendidikan kesehatan sampai dengan kegiatan keagamaan.

"Maju dalam artian kita terus menerus membuat kota kita kota yang memfasilitasi modernisasi di kota ini," lanjutnya.

Lalu, Anies menyinggung JIS beserta rumputnya yang tengah menjadi polemik di pelbagai pihak.

"Ini gambarnya JIS, tapi nggak ada rumputnya di sini Pak. Jadi, nggak kelihatan rumputnya di sini Pak,"
tuturnya.

Rencana pemerintah yang ingin merenovasi JIS jadi sorotan. Sebab, rencana itu menyebut stadion berkapasitas 80 ribu orang belum sesuai standar FIFA.

Barisan pendukung dan simpatisan Anies pun merespons pemerintah. Elite yang berada di KPP dalam Tim 8 juga memberikan tanggapan.

Anggota Tim 8 KPP Sudirman Said heran terkait dengan rencana renovasi JIS. Dia menyindir pemerintah tengah mencari kesalahan dari pembangunan stadion sepak bola itu. Mestinya kata dia, pemerintah bisa mengakui JIS sebagai karya anak bangsa.

"Kok pemerintah pusat seperti terus mencari-cari kekurangan? Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?," ujar Sudirman Said dalam keterangannya, Rabu, 5 Juli 2023.

Padahal, kata dia, JIS sempat menuai pelbagai pujian karena pembangunannya. Namun, kini justru menjadi polemik hingga ingin di renovasi jelang Piala Dunia U-17. Sudirman menyindir dengan mempertanyakan sikap pemerintah terkait JIS yang diinisiasi Anies saat jabat Gubernur DKI.

"Apakah karena JIS yang membangun Anies lantas dipermasalahkan? Mengapa tidak memasalahkan stadion-stadion yang lain? Apakah JIS sedemikian bermasalah, sehingga tidak layak diajukan sebagai salah satu venue?," tutur Sudirman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya