Anggap Prabowo Subianto Layak Jadi RI-1, Amran: Bangsa Ini Butuh Eksekutor yang Cerdas

Menhan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai layak jadi Presiden RI menggantikan Joko Widodo di 2024. Figur Ketua Umum Partai Gerindra itu punya kelebihan karena dianggap sosok nasionalis.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Demikian disampaikan mantan Menteri Pertanian Kabinet Kerja periode 2014-2019, Amran Sulaiman. Menurut dia, Prabowo saat ini jadi menteri andalan dan kepercayaan Jokowi.

Selain nasionalis, dia menyebut sosok Prabowo juga dicintai berbagai lapisan masyarakat. Bagi dia, karakter seperti itu diperlukan sebagai pemimpin yang tepat berikutnya untuk RI.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

“Menurut saya, Pak Prabowo sangat layak memimpin bangsa ini. Beliau pemimpin patriot dan dicintai rakyat,” kata Amran, dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu, 15 Juli 2023.

Amran mengatakan seperti itu saat bertemu langsung dengan Prabowo saat acara Rakernas Apeksi ke-XVI di Makassar, Kamis, Rabu, 13 Juli 2023.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Dia menceritakan dalam kesempatan itu, dirinya diskusi dengan Prabowo terkait transformasi ekonomi, sosial dan tata kelola pemerintahan. Lalu, kedua tokoh itu juga  bicara Indonesia Emas 2045.

Pun, ia bilang untuk menuju 2045, negara RI perlu eksekutor cerdas dan handal dalam mengambil kebijakan. Hal itu penting karena berdampak langsung terhadap semua lapisan masyarakat.

Amran yakin, Prabowo punya semua yang dibutuhkan untuk membawa Indonesia lebih baik di masa depan. Kata dia, eks Danjen Kopasus itu memiliki kepemimpinan yang kuat dan cerdas serta merupakan sosok yang bernyali.

“Untuk mencapai Indonesia Emas 2045 bangsa ini membutuhkan eksekutor yang cerdas dan cermat dalam mengambil kebijakan,” lanjut Amran.

“Dibutuhkan smart leadership, oleh strong leadership, yang berani dan pandai mencari solusi, dan yang terpenting punya nyali," ujar Amran.

Sebelumnya, dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023, elektabilitas Prabowo moncer. Dalam survei yang melibatkan 1.242 responden itu, dukungan terhadap Prabowo mengalir deras dari masyarakat yang mempunyai latar belakang pekerjaan petani, peternak, dan nelayan.

Dalam temuan klaster tersebut, Prabowo meraih dukungan sebesar 44,9 persen. Angka Prabowo unggul jauh dibandingkan bakal capres lain seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang masing-masing dapat dukungan 26,7 persen dan 8,1 persen.

Lalu, dalam pemilih yang memiliki pekerjaan wiraswasta, pengusaha, kontraktor, hingga pemilik toko/grosir, Prabowo meraih suara sebesar 37,8 persen. Disusul Ganjar Pranowo 33,3 persen dan Anies dengan dukungan sebanyak 23,9 persen.

Pun, Prabowo juga bagus dalam dukungan dari pemilih muda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Dari pemilih yang tergolong muda tersebut, Prabowo dapat dukungan sebesar 55,6 persen, disusul Ganjar Pranowo 29,7 persen dan Anies Baswedan dengan dukungan 11,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya