Gerindra Tegaskan Cawapres Prabowo Harus Disetujui PKB

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Kertanegara
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jatim – Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra, M Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan) mengungkapkan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang bakal menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2024 nanti.

PAN Siapkan Kader Terbaik untuk Pilkada DKI, Salah Satunya Pasha Ungu

Gus Irfan mengaku nama-nama yang saat ini beredar dalam survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei. Saat ini juga masuk dalam pengamatan di internal partai.

"Saya kira semua nama yang beredar saat ini mempunyai plus minus, contoh semisal si A ini plusnya jaringannya bagus, tapi dia kurang bagus diakar rumput. Kemudian elektabilitasnya bagus, tapi dia punya kelemahannya di bidang ini, semua ini masih ada plus minusnya," kata Gus Irfan, Kamis, 20 Juli 2023.

KPU Akan Gelar RDP Bareng DPR Hari Ini, Bahas Evaluasi Pemilu 2024

Untuk itu, saat ini partai Gerindra masih melakukan pendalaman terhadap nama-nama sejumlah figur yang masuk dalam bursa cawapres Prabowo. Sehingga, nantinya Gerindra akan memilih sosok yang tepat untuk maju menjadi cawapres Prabowo.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Istimewa
Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Gus Irfan menegaskan bahwa Partai Gerindra memiliki kriteria tertentu terhadap sosok figur cawapres yang bakal bersanding dengan Prabowo Subianto

"Yang terpenting pasti kita berharap memilih orang yang sanggup menunjang suara (Prabowo) di Pilpres nanti. Kluenya itu. Artinya elektabilitasnya yang baik," tuturnya.

Saat ditanya figur Erick Thohir yang memiliki kemampuan ilmu ekonomi yang bagus. Ia mengaku semua nama saat ini masih dalam pencermatan oleh partai. Dan setiap nama masih memiliki nilai positif dan negatif.

"Makanya saya bilang tadi, semuanya masih memiliki sisi positif dan negatif. Tapi A,B,C,D calon itu, masih harus dikonsultasikan dengan PKB," kata Gus Irfan yang juga merupakan Ketua Umum Gerakan Muslim Indonesia Raya (GEMIRA).

Prabowo Komitmen

Gus Irfan menegaskan bahwa Prabowo merupakan sosok figur yang memegang teguh komitmen. Sehingga nama Cawapres yang bakal digandengnya untuk maju di Pilpres 2024, masih harus dikomunikasikan dengan PKB.

"Pak Prabowo itu orang yang sangat komitmen. Jadi begitu kita sudah komitmen dengan PKB, maka apapun, siapapun calon untuk penetapan cawapres pasti dengan PKB pembicaraannya, dan harus kesepakatan dengan PKB. Artinya disetujui PKB," ujar cucu dari Kiai Haji Hasyim Asy'ari tersebut.

 Bahkan, ia mengaku jika sekjen Gerindra Ahmad Muzani sempat menyampaikan penentuan Cawapres Prabowo, juga bergantung pada PKB selaku teman koalisi Partai Gerindra.  "Pak Sekjen kita mengatakan, kuncinya ada di PKB," tuturnya.

Gus Irfan juga tak menutup kemungkinan bahwa Prabowo bisa saja kembali berdampingan dengan Sandiaga Uno seperti Pilpres 2019 lalu. Karena menurutnya, politik itu dinamis. 

"Tidak ada yang tidak mungkin di politik. Kalau semisal Sandi dibeking oleh PPP, berapa PPP kan 4 persen. Jadi kurang. Kita butuh 7 sekian persen. Tapi tidak ada yang tertutup, masih dinamis," ujar Gus Irfan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya