PPP: Koalisi Indonesia Bersatu Bubar

Koalisi Indonesia Bersatu KIB
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi (Awiek) menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar dengan adanya deklarasi Partai Golkar dan PAN untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Deklarasi tersebut, kontra dengan sikap PPP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024.

“PPP mengucapkan selamat kepada Partai Golkar dan PAN yang telah menentukan sikap politik menuju Pilpres 2024. Dengan adanya sikap tersebut, menandakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak berlanjut dengan sendirinya, dan berakhir dengan baik-baik,” kata Awiek kepada wartawan, Senin, 14 Agustus 2024.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Awiek menerangkan, dengan merapatnya Golkar dan PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama PKB dan Partai Gerindra, maka diyakininya komposisi parpol parlemen saat ini menjadi 2,3,4.

Artinya, dua parpol (PPP dan PDIP) mendukung Ganjar Pranowo, tiga parpol (PKS, Nasdem dan Demokrat) mendukung Anies Baswedan, dan empat parpol (Gerindra, PKB, Golkar serta PAN) mendukung Prabowo Subianto.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Awiek pun berharap pemilu 2024 berjalan damai, meskipun calon capres kini kemungkinan besar menjadi tiga orang.

“Menghadapi Pemilu 2024 kami harapkan berjalan damai, mewujudkan iklim demokrasi yang kondusif,” kata Awiek. 

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi menyatakan dukungannya terhadap bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Dukungan itu disampaikan langsung oleh ketua umum masing-masing partai tersebut di Jakarta, Minggu, 13 Agustus 2023.

“Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letjen Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI 2024,” kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, saat deklarasi dukungan di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Airlangga menekankan bahwa dukungan tersebut diberikan Partai Beringin karena Prabowo adalah figur yang lahir dari rahim Golkar. Sejarah perjuangannya di dunia politik berakar dari Partai Beringin. “Ini searah, sejalan, dan setujuan dengan Partai Golkar,” ujarnya.

Di acara itu, hadir pula Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas. Di saat itu pula Zulhas menyatakan bahwa partainya mendukung Prabowo. Dia menuturkan, PAN menjatuhkan pilihan ke Prabowo karena memang sudah lama berjuang di jalur yang sama selama sepuluh tahun terakhir.

Yakni sama-sama bergabung selama dua  mendukung dan membantu Presiden Jokowi. “Kami meyakini, perjuangan 10 tahun itu akan tuntas karena kita hari ini sudah bersama-sama dengan Gus Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB),” tandas Zulhas.

Karena itu, Zulhas berharap Prabowo bisa memenangkan Pilpres 2024 agar bisa bersama-sama lagi dengan partainya, Gerindra, PAN, Golkar, dan PKB di perjuangan politik ke depan. “Februari 2024 insya Allah Pak Prabowo menjadi Presiden RI,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya