Anies Baswedan Banding-bandingkan Indonesia dengan Kemajuan Korea Selatan

Bakal capres Anies Baswedan menghadiri kuliah kebangsaan di FISIP UI
Sumber :
  • TVUI

Depok - Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai negara belum banyak mengintervensi urusan kebudayaan di Indonesia yang dibanding-bandingkannya dengan Korea Selatan.

Mengenal Tumtum, Simbol Promosi Ekonomi RI di World Expo 2025

"Kita potensinya besar, tapi intervensi negara di bidang kebudayaan belum besar," ujar Anies ketika jadi pembicara Kuliah Kebangsaan FISIP UI bertajuk 'Hendak Kemana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan para Pemimpin Masa Depan' di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Selasa, 29 Agustus 2023.

Anies menyebut kritikan itu diberikan kepada negara karena pernah mengalami bahwa intervensi belum banyak diberikan kepada kebudayaan. "Saya merasakan ini ketika mengurusi kebudayaan. Saya waktu itu Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), saya merasakan ketika di DKI (sebagai gubernur DKI Jakarta)."

Kiai Pendukung Anies Dukung Pramono-Rano Karno, Ungkap Alasannya

Kemudian, Anies menyinggung bahwa negara itu butuh investasi sebidang kebuyaan. Dia menyinggung negara Korea Selatan yang serius mengurusi bidang kebudayaan hingga bisa mendunia.

Tabungan vs Investasi: Strategi Cerdas Keuangan untuk Gen Z yang Wajib Kamu Tahu

Pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur, di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

"Negara harus hadir investasi di sini. Coba perhatikan Korea Selatan: Korea Selatan itu dimulai tahun 1990-an, ketika negara waktu itu pemerintah Korea Selatan secara serius melakukan investasi di bidang kebudayaan," kata dia.

Anies juga menjelaskan bahwa produk asli Indonesia khususnya kebudayaan maka tidak berakhir hanya di tayangan televisi tetapi harus juga dinikmati oleh seluruh warga Indonesia.

Anies Baswedan memberi kuliah umum di Sophia University, Tokyo.

Beri Kuliah Umum di Jepang, Anies Baswedan Berpesan Aktif Kawal Demokrasi Indonesia

Anies Baswedan, menyampaikan pesannya agar para diaspora Indonesia di Jepang tetap aktif berpartisipasi dalam pemecahan masalah, terutama mengawal demokrasi di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024