Idham Chalid Wafat, Warga PPP Diminta Tahlil

Suryadharma Ali lihat wajah jenazah Idham Chalid
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Warga Nahdlatul Ulama dan Partai Persatuan Pembangunan diminta menggelar tahlil selama seminggu penuh untuk mendoakan KH Idham Chalid yang wafat Minggu pagi. Idham adalah Ketua PBNU terlama sekaligus pendiri PPP.

"Mengingat jasa-jasanya, PPP menyerukan hari berkabung nasional dan pengibaran bendera setengah tiang selama 3

hari,khususnya kepada warga NU dan warga PPP di seluruh Indonesia," kata M Romahurmuziy, Wakil Sekretaris Jenderal PPP, secara tertulis ke VIVAnews, Minggu 11 Juli 2010.

Selain itu, PPP menyerukan warga PPP untuk menggelar tahlil selama 7 hari berturut-turut di kantor cabang masing-masing. "Semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya, menerima segala amalnya, dan mengangkatnya ke derajat tertinggi di sisi-Nya. Kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran dan ketabahan," kata Romy.

Keluarga besar PPP sendiri menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya Idham. Idham adalah mantan ketua Umum PBNU, deklarator fusi PPP 5 Januari 1973 sekaligus presiden PPP kala pertama kali berdiri. "Pak Idham adalah politisi lintas zaman, membawa keemasan Partai NU pada zaman Orla, meningkatkan suara partai NU pada pemilu Orba 1971, dan tercatat membesarkan suara PPP pada pemilu Orba 1977," kata Romy.

Kepiawaiannya berdiplomasi di antara pemimpin nasional sangat diakui. Idham hidup di tiga zaman, Orde Lama, Orde Baru dan Orde Reformasi. "Pak Idham adalah guru politik bangsa, politisi multi talenta, faqih dalam ilmu keagamaan dan mumpuni dalam menahkodai Partai NU, PBNU, maupun PPP dalam melewati perubahan sosial politik di tingkat nasional, perubahan rezim, dan pemberlakuan asas tunggal Pancasila untuk seluruh ormas dan parpol, termasuk PPP," kata Romy.

Idham meninggal pada pukul 08.00, Minggu 11 Juli. Jenazah akan dimakamkan di Cisarua, Bogor,  Senin 12 Juli 2010. (sj)

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat
Dok. Istimewa

Gugatan PDIP Diterima PTUN, Gayus Lumbunn: Permononan Kami Layak untuk Diproses

Menurut tim kuasa hukum PDIP, pihaknya sudah mendatangi KPU RI untuk menyampaikan putusan hakim PTUN dalam dismissal process yang diajukan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024