SBY Berharap UU Pemilu Tak Berubah-ubah

Presiden SBY menyontreng pemilu 2009
Sumber :
  • Abror Rizki, Biro Pers Istana

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganggap UU Pemilihan Umum harus adil dan tidak berubah-ubah. Aturan hukum yang jelas adalah salah satu kunci suksesnya penyelenggaraan pemilu.

"Sebuah UU dan aturan hukum haruslah jelas, dipublikasikan, dimengerti rakyat, fair, tidak berubah-ubah, dapat melindungi hak dasar, memberikan kepastian. Kita ingin UU Pemilu kita mempunyai kaidah seperti itu," ujar SBY dalam pembukaan Konferensi Hakim Konstitusi se Asia ke- 7 di Istana Merdeka Jakarta Selasa 13 Juli 2010.

Presiden menambahkan, UU Pemilu harus membuat pemilu bisa diselenggarakan dengan baik, berkualitas, dan memenuhi nilai demokrasi, bebas, dan mendatangkan partisipasi publik.

Penyelenggaraan pemilu yang fair, efektif, dan berjalan secara tertib dan aman. dapat diwujudkan melalui UU Pemilu.

Lyodra Bahagia dan Tak Menyangka Isi Soundtrack Film Ipar Adalah Maut

"UU Pemilu itu yang mengatur hal-hal utama dalam penyelenggaraan pemilu,seperti pengaturan siapa yang berhak memilih, siapa yang berhak dipilih, apa peran parpol, bagaimana pendanaan pemilu," katanya.

Aturan itu juga memuat cara pemungutan suara dan penghitungan suara, sanksi atas penlanggaran dan kejahatan pemilu dan penyelesaian sengketa pemilu. Selain itu organisasi penyelenggara pemilu [Komisi Pemilihan Umum] diharapkan dapat menjalankan tugasnya secara independen dan kompeten.

Selain UU Pemilu, faktor lain terwujudnya Pemilu sukses adalah KPU yang kredibel, dan partisipasi rakyat yang tinggi dan berkualitas. (umi)

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan
Devano Danendra

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Devano Danendra yang berperan sebagai Respati bercerita tentang pengalaman syuting yang dialaminya. Diakui Devano, dirinya kurang tidur selama proses syuting berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024