Kuntoro: Rapor Merah Menteri Bisa Diturunkan

Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Datangi Mabes Polri : Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yakin rapor merah kementerian dan lembaga pemerintahan bisa ditekan di bawah 10 persen dari seluruh instansi yang ada.

"Saya yakin bisa dibawah 10 persen," kata Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto di sela Pendidikan Dasar Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri Tahun 2010 di Situ Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 13 Juli 2010.

Menurut Kuntoro, optimisme dirinya itu hanya dapat tercapai jika para menteri sering "melihat ke bawah" untuk mengawasi berjalannya program-program pemerintah yang sudah disusun.

"Kita mesti naik turun ke atas, tapi sering melihat ke bawah," katanya. "Sehingga nanti bisa dipikirkan apa yang harus dilakukan." Kuntoro mengingatkan bahwa pendidikan karakter yang diajarkan Wanadri bisa juga ditiru oleh para pembantu presiden itu.

Salah satunya adalah pendidikan spiritual yang mengajarkan agar manusia senantiasa harus tetap menginjak bumi, setinggi apapun terbang ke langit.

"Jadi kita selalu sadar apa yang ada di langit akan berpulang ke bumi," ujar Kuntoro seraya menambahkan aksi turun ke bawah bisa juga ditempuh agar menteri tahu saat menginjak bumi apakah menginjak lumpur, tanah, atau air.

Menurut dia, Kendati penting untuk terus melihat ke bawah, bukan berarti pidato-pidato menteri menjadi tidak penting. Pidato itu dianggap perlu untuk menyampaikan kepada masyarakat luas mengenai program kerja yang akan dilaksanakan para menteri.

Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyampaikan agar dilakukan reshuffle kabinet berdasarkan laporan UKP4. Badan baru bentukan presiden itu melaporkan sejumlah 49 laporan mengecewakan dari beberapa kementerian.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024