Yusril Dinilai Figur Bacawapres yang Paling Berpengalaman

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Yusril Ihza Mahendra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Temuan terbaru survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan sejumlah nama yang layak mendampingi bakal capres Prabowo Subianto. Dari hasil survei Indikator, Yusril masuk radar sepuluh nama bakal cawapres potensial untuk Prabowo. 

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Yuril menurut Indikator Politik Indonesia dinilai sebagai figur bacawapres yang paling berpengalaman. Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu juga dianggap punya kecerdasan dan pintar.  

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad menyampaikan pandangannya soal Yusril. Bagi dia, pakar hukum tata negara itu merupakan figur profesional serta birokrat yang teruji sejak era Orde baru (Orba) hingga Reformasi. 

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Dia menyebut Yusril cukup kenyang asam garam perpolitikan Tanah Air.  "Profesor Yusril saat ini ketua umum partai politik yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju," kata Nyarwi, di Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023. 

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)
PPP Klaim Suara Partai Hilang di Dapil Jatim, Pindah ke Partai Garuda

Nyarwi menganalisa Presiden Joko Widodo punya efek dalam menentukan figur cawapres Prabowo. Dia bilang demikian karena Jokowi adalah pimpinan di lingkar ketua umum parpol koalisi pemerintah.  

"Ingat, Jokowi memiliki posisi sebagai ketua dari para ketua umum parpol yang saat ini mendukung pemerintahan. Termasuk Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra," jelasnya. 

Pun, dari rekam jejak digital, Jokowi juga pernah menyuarakan dukungan agar Yusril menjadi capres atau cawapres. Eks Gubernur DKI itu mengatakan demikian saat Rapat Koordinasi Nasional dan Musyawarah Dewan Partai Partai Bulan Bintang (PBB) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 11 Januari 2023.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam pernyataannya, Jokowi saat itu mengakui figur Yusril punya pengalaman yang panjang. 

"Beliau punya pengalaman panjang, saya mendukung lho kalau Yusril di 2024 nanti dicalonkan capres atau cawapres. Ini serius, serius," ujar Nyarwi menirukan omongan Jokowi. 

Jokowi mengatakan saat itu, tugas PBB tinggal mencari 'kendaraan' politik agar mampu memenuhi syarat pencalonan minimal 20 persen. "Ya tugasnya di situ. Begitu dapat kendaraan saya dukung," lanjutnya.

Saat ini, Partai Bulan Bintang (PBB) yang dipimpin Yusril merupakan salah satu anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo sebagai bakal capres 2024. Nama Yusril juga sempat masuk bursa bacawapres dari internal KIM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya