Anies Baswedan Minta Maaf Datang ke KPU Molor 2 Jam

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. 

DPR Tegaskan Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Kedatangan Anies-Muhaimin ke KPU molor dari jadwal yang semula direncanakan. Anies-Muhaimin dijadwalkan mendaftar ke KPU pukul 08.00 Wib pagi, namun karena kemacetan arus lalu lintas dan membeludaknya relawan, kedatangan mereka molor 2 jam ke KPU 

Anies-Muhaimin didampingi para ketua umum serta rombongan fungsionaris partai politik koalisi perubahan tiba di kantor KPU RI sekitar pukul 10.13 WIB. Anies menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan kedatangan.

Anggota DPR PDIP Usul KPU Legalkan Money Politics

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kami memang berencana bisa tiba pukul 08.00 WIB, tetapi lalu lintas macet bukan hanya lalu lintas kendaraan tetapi juga lalu lintas orang juga macet. Kami mohon maaf datang agak terlambat," kata Anies Baswedan di KPU RI, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023.

KPU Sebut Jumlah Pemilih per TPS di Pilkada 2024 Maksimal 600 Orang

Anies mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja KPU yang telah menyiapkan proses pendaftaran dengan baik. Termasuk mereka yang bekerja di lapangan untuk memastikan proses pemilu berjalan dengan baik.

"Kami berharap dalam perjalanan ke depan kami bisa terus mendapatkan bimbingan, memastikan seluruh ketentuan dipenuhi, dan kami berharap dan dipercaya di bawah kepemimpinan bapak dan ibu sekalian pilpres, pemilu akan berjalan tertib, rapi, jujur, adil dan menghasilkan hasil yang nantinya kredibel di hadapan seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum RI secara resmi menerima berkas pendaftaran Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024, Kamis, 19 Oktober 2023.

Berkas pendaftaran paslon yang disingkat Amin itu diserahkan perwakilan parpol, yaknis Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid didampingi para sekjen parpol koalisi perubahan yang diterima langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Photo :
  • Ist

"Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran, koordinasi, kerja sama KPU dengan pimpinan partai politik yang bergabung dalam pengusulan atau pendaftaran pasangan bakal capres dan cawapres sejak beberapa waktu lalu dan puncaknya pada hari ini pada kegiatan pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres," kata Hasyim usai menerima berkas pendaftaran pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Menurut Hasyim, secara administratif berkas yang diterima nanti akan diberikan penilaian apakah sudah lengkap atau belum lengkap. Apabila, berkas tersebut belum lengkap, maka pihaknya memberikan waktu untuk melengkapi kembali.

"Tapi sebelum sampai ke sini pasti ada tim verifikasi, 'help desk', dengan 'liaison officer', gabungan partai politik sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap. Alhamdulillah," ujarnya

Setelah itu,berkas pendaftaran tersebut akan masuk pada tahapan verifikasi yang memiliki dua ukuran, yakni dokumennya benar atau tidak benar dan sah atau belum sah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya