Respons Nasdem soal Jokowi Minta Perpanjang 3 Periode

Waketum Nasdem Ahmad Ali (kanan) dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di markas DPP Nasdem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali merespons isu yang beredar soal Presiden Jokowi meminta perpanjangan masa jabatannya selama tiga periode. Menurut Ali, ia tak pernah mendengar hal tersebut.

Ucapkan Selamat Hari Buruh, Jokowi: Setiap Pekerja Adalah Pahlawan

"Waktu masih zaman-zaman gosip big data itu, sampai dengan hari ini saya tidak pernah dengar pak Jokowi itu minta 3 periode, bahwa ada desakan dari beberapa menteri mengusulkan itu, itu sesuatu gosip yang tidak perlu kita tanggapi menurut saya," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Ali menegaskan bahwa Partai Nasdem tak mau ikut campur dalam persoalan itu. Ia pun merasa heran mengapa persoalan itu baru muncul di saat kontestasi pemilu akan diselenggarakan. 

Momen Jokowi Gowes Sepeda Bambu di Mataram

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya-tangkapan layar

"Saya tidak mau mengatakan benar atau tidak apa yang dikatakan Mas Hasto, tapi pertanyaannya, kenapa baru muncul sekarang? Kenapa ini diributkan sekarang? kenapa kemudian ini menjadi justifikasi untuk mencari pembenaran atas hubungan kan," kata Ali.

Alasan Nasdem Lirik Ustaz Das'ad Latif Masuk Bursa Pilwalkot Makassar

Ali juga menilai bahwa pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang mengatakan dilobi soal tiga periode atas permintaan 'Pak Lurah' itu tidak patut diucapkan. 

"Pak Jokowi itu adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, sehingga tentunya ya tidak patut saja menurut saya ini dijadikan sebagai suatu upaya melakukan mendowngrade Pak Jokowi. Enggak perlu lah kemudian ini ya tanda kutip kesalahan kader itu diekspos keluar atau dijadikan alasan pembenaran untuk menilai hubungan yang ada hari ini," pungkasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • PDIP

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto sebelumnya buka-bukaan soal pernyataan Adian Napitupulu yang sebelumnya heboh membawa kabar rumor presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perpanjangan masa jabatan sebagai presiden menjadi 3 periode. Namun, hal itu ditolak oleh PDIP.

Hasto pun membenarkan hal tersebut. Ia mengaku memang ada permintaan dari beberapa ketua umum partai, bahkan menteri yang tergabung dalam kabinet Indonesia Maju. Permintaan itu disebut sesuai dengan perintah 'Pak Lurah'.

"Jadi, saya sendiri mengalami itu, jadi ketika saya sedang nyekar di makam Bung Karno, di Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan Big Data-nya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," ujar Hasto kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya