Kecurigaan PAN soal Munculnya Kembali Isu 3 Periode

Presiden Jokowi usai acara peringatan Hari Santri 2023 di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta –  Wakil Ketua Umum PAN, VIVA Yoga Mauladi mengklaim partainya tak pernah mendengar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan 3 periode atau perpanjangan masa jabatan. Karena itu, PAN curiga dengan rumor yang kini kembali muncul ke publik. 

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

"PAN tidak pernah mengetahui atau melihat gerakan di lapangan bahwa Presiden Jokowi menginginkan tiga periode," kata Viva kepada awak media, Minggu, 29 Oktober 2023. 

Viva meneegeskan bahwa isu ini sudah lama dipatahkan oleh Jokowi langsung. Kepala negara berkali-kali menepis ingin perpanjangan masa kekuasaan.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Viva Yoga Mauladi

Photo :

"Isu tiga periode itu pun oleh Presiden Jokowi beberapa kali ditepis, dibantah, dan sebagai isu yang tidak benar," kata Viva.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Lebih lanjut, Viva mencurigai kembalinya muncul isu ini sebagai upaya pengerusakan karakter Jokowi. 

“Saya tidak yakin jika Presiden Jokowi merencanakan hal tersebut. Bisa saja isu itu sebagai character assassination atau perusakan karakter dengan memberikan citra negatif, mencoreng figur agar memiliki persepsi yang buruk di publik," kata Viva.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • PDIP

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan benar isu perpanjangan masa jabatan presiden menjadi 3 periode. Ia bahkan bercerita pernah mendengar isu tersebut atas permintaan 'Pak Lurah'.

"Jadi saya sendiri mengalami itu. Jadi ketika saya sedang nyekar di makam Bung Karno, Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big data-nya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," kata Hasto, Jumat, 27 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya