Pimpinan DPR RI soal Rumor Pergantian Kepala BIN: Bukan Info A1

Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara mengenai rumor pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang semakin santer diperbincangkan publik.  

Muncul Banyak Versi Formasi Kabinet Prabowo, Gerindra: Semua Itu Mungkin Aspirasi

Dasco menyebut pihaknya belum mendengar langsung informasi tersebut dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski, isu ini belakangan terus berhembus di media sosial (medsos). 

“Ya kalau dari Pak Presiden kita belum denger apa-apa ya. Tetapi kan ya itu banyak berseliweran-berseliweran di medsos,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Karena itu, Dasco mengatakan bahwa isu ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Sebab, jika isu pergantian lembaga yang dipimpin Budi Gunawan itu benar adanya, maka informasi tersebut bersumber dari Presiden Jokowi, bukan dari medsos. 

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Saya anggap itu bukan info A1, ya kalau memang ada itu pasti nanti infonya yang betul ya dari Istana, kan begitu, oke?” imbuhnya.

Isu akan ada pergantian Kepala BIN menyusul kabar renggangnya Presiden Jokowi dengan PDIP.

Diketahui, beberapa hari belakangan kuat berhembus Jenderal Dudung bakal diplot sebagai Kepala BIN setelah tak lagi menjabat KSAD TNI. Posisi Kepala BIN saat ini masih dijabat Jenderal (Purn) Budi Gunawan.
 
Mantan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mengaku belum tahu kabar bahwa dirinya bakal dilantik sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN). Kini, posisi KSAD TNI sudah dijabat Jenderal TNI Agus Subiyanto yang sudah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023. 

"Belum tau saya juga," kata Dudung dikonfirmasi awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Usai tak lagi menjabat sebagai KSAD, Dudung mengaku belum diperintahkan Jokowi untuk mengisi posisi apapun. "Belum, belum (penugasan) sampai sekarang," kata Dudung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya