TPN Tegaskan Pose 3 Jari Mahfud dengan Pilot Garuda Bukan Kampanye

Mahfud MD berpose dalam kokpit bersama Pilot dan memamerkan 3 jari.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Todung Mulya Lubis menegaskan bahwa pose tiga jari dari calon wakil presiden Mahfud MD bersama pilot Garuda bukan sebagai kampanye

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Hal tersebut diungkapkan Todung untuk merespons laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye, soal pose tiga jari dari calon wakil presiden Mahfud MD bersama pilot Garuda. Menurutnya, untuk urusan laporan memang hak yang dimiliki setiap warga negara.

"Saya yakin bahwa Mahfud cawapres dari Ganjar itu tidak melakukan kegiatan kampanye, mungkin dia hanya melakukan satu gesture yang karena pasangan ini nomor tiga, nomor urutnya nomor tiga, mungkin hanya foto," ujar Todung dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Selasa, 21 November 2023.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Todung Mulya Lubis

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Todung menilai yang dilakukan Mahfud MD itu hanya untuk meladeni orang yang ingin berfoto bersama. Artinya terkait pose jari hanya terjadi secara tidak disengaja.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

"Kadang-kadang dia ketemu si A ingin foto selfie, ya menurut saya sih dia tidak memberikan statement apa-apa, hanya ya mungkin, melakukan hal semacam itu sebagai apresiasi kepada pihak yang ingin berfoto," jelasnya.

Todung memastikan, Ganjar dan Mahfud sama-sama memahami aturan berkampanye yang baru akan dimulai 28 November 2023. Karenanya, pose tiga jari bukan bermaksud untuk berkampanye.

"Saya kira enggak (kampanye), dia tahu bahwa masa kampanye itu masih tanggal 28, jadi saya pastikan dia tidak melakukan kampanye duluan," pungkasnya.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berfoto dengan pose tiga jari dengan Pilot dan Kopilot Garuda dalam perjalanan ke Sumatera. Foto tersebut kemudian diunggah Mahfud MD  dalam akun Instagramnya @mohmahfudmd, Jumat 17 November 2023.

Dalam foto tersebut terlihat pilot dan kopilot berseragam putih dan Mahfud yang mengenakan baju batik coklat berada di belakangnya.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mahfud menjelaskan salam Caption postingan dan mengaku, saat penerbangan, tiba-tiba dihampiri oleh pilot dan kopilot pesawat untuk foto bersama di kokpit pesawat.

"Nomor 3 di ketinggian. Lagi asik-asiknya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba-tiba saya dihampiri pilot pesawat yang saya tumpangi. Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit. Wah senangnya saya," tulis Mahfud.

"Kami berfoto dengan senyum masing-masing, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua," tulis Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya