Temui Romo Magnis, Ganjar Belajar Soal Etika dan Moral

Capres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menemui rohaniawan Franz Magnis Suseno di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyakarya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat pagi, 24 November 2023. 

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Salah satu yang dibahas adalah pentingnya sikap kenegarawanan dalam memajukan bangsa Indonesia.

Ganjar terlihat tiba sekitar pukul 08.30 WIB dan langsung masuk ke ruangan untuk menemui pria yang biasa Romo Magnis itu. Usai pertemuan sekitar 1 jam, keduanya pun keluar dan menemui awak media untuk memberikan keterangan. 

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Ganjar mengaku mendapat dua buah buku dari Romo Magnis dengan judul Etika Politik dan Iman Dalam Tantangan. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun mengatakan banyak menerima masukan tentang moral dan etika dari Romo.

Budayawan Franz Magnis Suseno.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna
Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

“Diskusi biasa, beliau sebagai intelektual, tokoh agama, beliau punya sikap pribadi, tetapi tidak bisa menunjukkan. Beliau institusinya netral,” kata Ganjar. 

Ganjar menambahkan, ini menjadi silaturahmi kepada orang tua, walau rambutnya sudah sama-sama putih. Dia pun mengatakan banyak mendapat nasehat dari Romo pada pertemuan tadi. 

“Kenegarawanan itu penting, beliau ceritakan beliau dari orang kecil dan mencari siapa wakil saya yang bisa menyuarakan tentang kemiskinan, akses kemudahan menuju kesejahteraan,” ujarnya.

Romo Magnis dalam kesempatan sama mengatakan, dirinya yakin Indonesia dapat lebih maju dan rakyatnya sejahtera di kemudian hari. Salah satu yang diperlukan oleh seorang pemimpin yaitu sikap perlawanan terhadap korupsi.

“Indonesia masih mempunyai masa depan yang cerah, tapi kita harus mengatasi masalah-masalah korupsi, kemerosotan etika, kita harus tetap dalam identitas kejujuran,” kata Romo.

Kendati bertemu, Romo mengaku tidak ada pesan khusus untuk Ganjar. Ia hanya mendoakan agar perjuangan Ganjar diberikan kelancaran.

“Ya tidak ada pesan khusus (untuk Ganjar Pranowo), semoga Tuhan memberkati dan jalan terus,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya