Kubu AMIN Klaim Sudah Siapkan Program Khusus Nelayan

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Ist

Subang – Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pasangan dari Anies Baswedan (AMIN) mengaku banyak menerima aspirasi masyarakat saat blusukan dan mengikuti Rembug Nelayan di Desa Mayangan, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (25/11/2023) kemarin. 

Pabrik BYD di Subang Bisa Bikin 150 Ribu Mobil Listrik per Tahun, Beroperasi di 2026

Dalam kesempatan itu, Cak Imin bertemu dengan kelompok nelayan, pengurus koperasi nelayan, hingga pemilik kapal di tempat pelelangan ikan (TPI). Mereka menyampaikan berbagai unek-unek mereka terkait berbagai kesulitan hidup kepada Cak Imin. 

Intinya, lanjut Cak Imin, para nelayan mengaku bingung dengan naiknya harga bahan-bahan pokok, kelangkaan solar subsidi, hingga meluasnya abrasi di sekitar tempat tinggal mereka.

Ini Alasan Napoleon Bonaparte Nongol di Acara Pembubaran Timnas Amin

Pasangan Capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Akun X @cakimiNOW

“Abrasi ini terjadi sejak peristiwa tsunami di sekitar pantai utara Jawa beberapa tahun lalu. Dari saat itu garis pantai semakin naik sehingga jumlah daratan di sekitar pemukiman kami makin tergerus,” ungkap salah seorang nelayan Pamanukan Agus Supriatna. 

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

Agus menuturkan  abrasi di kawasan Pantai Utara Subang terjadi sejak akhir 2005 lalu. Ratusan hektare lahan yang dulu berupa daratan kini tergenang air laut, sehingga tidak bisa lagi dijadikan pemukiman. Bahkan selama tujuh tahun terakhir, sebagian warga mengungsi karena rumah mereka tidak bisa dihuni lagi. 

“Jadi kami membangun pemukiman sementara kayak pos ronda begitu karena rumah kami tergenang air laut sehingga tidak bisa lagi dihuni,” kata dia. 

Agus lantas berharap Cak Imin menjadikan masalah Abrasi di Subang Utara dan sekitarnya sebagai perhatian khusus jika bersama Anies Baswedan terpilih sebagai presiden dan wapres dalam Pilpres 2024. 

Menurut Cak Imin, persoalan abrasi ini hanya bisa diselesaikan dengan intervensi dari Pemerintah Pusat. 

“Apabila nanti bapak menjadi wakil presiden kami berharap ada penyelesaian kongkret. Kami tidak ingin hilang pak dari peta yang ada karena wilayah pemukiman kami terus tergerus air laut,” ujar Wakil Ketua DPR RI tersebut. 

Bacawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Istimewa

Menanggapi hal itu, Cak Imin memastikan akan memberikan perhatian khusus terhadap abrasi yang melanda Subang Utara terutama di Desa Mayangan dan Legon Kulon. Menurut Ketum PKB tersebut, fenomena naiknya air laut terjadi di berbagai wilayah dunia akibat pemanasan global dan perubahan iklim.

“Maka dalam visi misi pasangan AMIN persoalan dampak perubahan iklim ini menjadi concern khusus. Bahkan Mas Anies dan saya berencana membentuk Badan Khusus yang menangani dampak dari perubahan iklim termasuk fenomean abrasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu. 26 November 2023. 

Imin juga mengaku mengerti dengan keluhan kenaikan bahan pokok yang memberatkan keluarga nelayan. Menurutnya kenaikan bahan-bahan pokok ini juga dikeluhkan oleh kelompok masyarakat lain yang ditemuinya saat blusukan ke berbagai daerah. 

“Kenaikan harga barang pokok ini memang terjadi karena banyak sebab, tapi yang pasti kenaikan harga ini tidak menjadi masalah jika bapak-bapak terus mendapatkan keuntungan dari kegiatan mencari ikan. Maka saya dan Mas Anies berkomitmen untuk meluncurkan program khusus untuk nelayan seperti subsidi solar untuk kapal kurang dari 30 GT maupun asuransi nelayan yang mencapai Rp200 juta/orang,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya