PDIP Sebut Era Soeharto Lebih Baik dari Penguasa Saat Ini

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

Jakarta – Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo alias FX Rudy menyebut sikap penguasa sekarang dengan istilah Neo Orde Baru Plus. Dia membandingkan dengan Orde Baru era Presiden Soeharto yang dinilainya sedikit lebih baik daripada sekarang ini.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

"Kalau Pak Harto masih baik-baik saja cara mengancamnya, tidak seperti sekarang. Intimidasi ya enggak terang-terangan kayak begini, dari institusi perintah ke bawah dan sebagainya enggak seperti itu dulu," kata FX Rudy ditemui wartawan di Jakarta Selatan, Rabu, 29 November 2023.

Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus
Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

Rudy sendiri mengakui tidak mendapatkan ancaman dari penguasa yang dianggapnya sebagai Neo Orde Baru Plus tersebut. Namun dia menegaskan adanya kekuasaan yang digunakan secara tidak beretika.

"Neo Orde Baru Plus, ya semua kekuasaan yang dimiliki sekarang ini dipergunakan dengan segala cara yang tidak beretika," ujar Politikus senior PDIP tersebut.

PDIP Minta MK Ubah Suara PSI dan Demokrat di Papua Tengah jadi 0

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyinggung Indonesia yang ada saat ini merupakan hasil perjuangan yang berdarah dan tak sebentar. Hal tersebut disampaikannya karena melihat situasi yang terjadi saat ini.

Pidato pengunduran diri presiden Soeharto tahun 1998

Photo :
  • golkarpedia.com

Ia pun tak ingin, masa seperti Orde Baru kembali terulang hanya untuk melanggengkan kekuasaan segelintir kelompok. Tak segan, ia menyinggung "bapak-bapak" untuk tak mencoba untuk melahirkan masa tersebut kembali.

"Mestinya Ibu enggak boleh ngomong gitu, tapi Ibu jengkel, karena republik ini penuh pengorbanan tahu tidak. Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti waktu zaman Orde Baru?" Kata Megawati dalam rapat koordinasi nasional relawan Ganjar-Mahfud di JIExpo, Jakarta, Senin kemarin. 

"Sudah berhenti deh Bapak-Bapak tuh yang saya sindirin ini, insaf, insaf. Berapa sih jumlahnya dibandingin sama rakyat? Aih, saya enggak manas-manasin, ini realita," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya