Anwar Abbas Dukung AMIN Tapi Tidak Membawa Muhammadiyah

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas, mengatakan bahwa dirinya memang mendukung pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Pilpres 2024. Tetapi dia mengaku mendukung pasangan AMIN sebagai pribadi, tidak membawa nama Persyarikatan Muhammadiyah.

Tersebar Percakapan Habib Bahar dan Hercules, Ini yang Dibahas

Pasalnya, Muhammadiyah tidak ikut dalam politik praktis mendukung kandidat tertentu. Maka itu, dia hanya mengatasnamakan dirinya pribadi mendukung pasangan yang diusung Koalisi Perubahan dari Nasdem, PKB dan PKS.

Wakil Ketua Umum MUI itu mengatakan, kader yang mendukung ataupun jadi tim sukses paslon di pilpres tidak diperbolehkan mengatasnamakan Persyarikatan Muhammadiyah. 

Penerima Bansos Mayoritas Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Hasil Survei LSI

"Muhammadiyah tidak boleh terlibat dalam dukung mendukung, Muhammadiyah tak boleh, tapi pribadinya silakan. Makannya di Muhammadiyah, sudah dijelaskan oleh sekretaris umum, ada tim sukses yang mendukung Prabowo, ada tim sukses yang mendukung Ganjar, ada tim sukses yang mendukung Anies dan Cak Imin. Tapi jangan mengatasnamakan Muhammadiyah," jelas Anwar Abbas kepada wartawan, Jumat 1 November 2023.

"Saya kan ketua PP Muhammadiyah ya, saya ndak boleh mendeclare (mendeklarasikan) bahwa saya Anwar Abbas mendukung. Tapi saya Anwar Abbas (mendukung), yang kebetulan warga Muhammadiyah," lanjutnya.

Prabowo Subianto Unggul di Pilpres 2024 juga Karena Migrasi 66 Persen Pemilih Jokowi-Maruf di 2019

 Dukungan diberikan oleh Anwar Abbas terhadap pasangan AMIN, setelah dia menyaksikan pemapara dan capres Anies Baswedan. Hal tersebut lah yang membuat dirinya mendukung  pasangan calon nomor urut 1 di Pemilu 2024 ini. 

"Yang sudah mendengar ide saya secara langsung ya Pak Anies, dan pak dia welcome. Tapi saya tidak ingin negeri ini pecah karena kesenjangan ekonomi. Saya tidak mau dari RRC lari terbirit-birit karena dikejar. Tapi saya pingin rakyat kita aman makmur sentosa dan bahagia," kata dia.

Sebelumnya, Aniea Baswedan mengatakan bahwa dirinya mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas dalam Pilpres 2024 nanti. Bentuk dukungan Anwar Abbas itu dilihat berdasarkan kehadirannya tokoh senior sekaligus ketua PP Muhammadiyah itu di silaturahim nasional relawan Garda Matahari di Jakarta. 

"Ya ini kan sudah jelas ada dukungan tadi," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Jakarta, Jumat 1 Desember 2023.

Pun, di kesempatan yang sama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan hal yang sama telah mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas. Menurutnya dukungan tersebut justru sudah di sampaikan sejak beberapa bulan yang lalu.

"Iya Alhamdulilah, sebagai tokoh besar tokoh besar ya Meskipun beliau pengurus MUI, pengurus pusat Muhammadiyah," kata Cak Imin.

"Tapi secara pribadi beliau menggunakan hak politiknya untuk support kami betul dari beberapa bulan lalu," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya