Pemilih Bimbang di Survei Litbang Kompas Masih Tinggi, Gibran: Mungkin Nunggu Debat

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mendengar keluhan warga
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menanggapi soal hasil survei Litbang Kompas terbaru. Dari hasil survei, disebutkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh dari dua paslon lain yakni Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Prabowo-Gibran diketahui memperoleh elektabilitas 39,3 persen dari hasil survei Litbang Kompas. Meski demikian, dalam rilis survei itu, jumlah pemilih bimbang masih cukup tinggi yaitu 28,7 persen. 

Ilustrasi warga mengikuti pemungutan suara ulang pemilihan umum (pemilu) 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Mengenai hal itu, Gibran beranggapan bahwa para pemilih bimbang itu menunggu debat Pilpres 2024 lebih dulu sebelum menyatakan pilihan.

"Yang belum menentukan pilihan memang banyak, mungkin sebagian besar masih nunggu debat ya kita tunggu saja, satu bulan ini, dua bulan ini, progresnya seperti apa ya," kata Gibran kepada wartawan di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2023.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Gibran hanya menekankan bahwa dirinya bersama Prabowo dan Tim Kampanye Nasional (TKN) akan terus bekerja keras saat hasil survei untuk pasangan capres-cawapres nomor urut dua itu rendah atau tinggi.

"Yang jelas, survei tinggi, survei rendah kita tetap kerja keras," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, elektabilitas capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di puncak dengan perolehan 39,3 persen berdasarkan survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas. 

Hasil survei itu, Prabowo-Gibran jauh unggul dari Anies-Cak Imin yang memperoleh 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud dengan 15,3 persen. Berdasarkan perolehan itu, jarak keterpilihan antara Prabowo dan Anies yang semula 12,1% pada periode Agustus 2023, sekarang menjadi 22,3%.

Begitupun terjadi pada perolehan suara untuk Prabowo yang juga menang atas Ganjar. Pada periode Agustus lalu, Ganjar unggul 2,8% tetapi kini posisinya terbalik, Prabowo lebih unggul melejit dengan perbedaan mencapai 21,7% suara.

"Ganjar yang sebelumnya unggul tipis atas Prabowo dengan selisih 2,8% sekarang posisinya terbalik, lebih unggul Prabowo dengan jarak keterpilihan mencapai 21,7%," tulis hasil survei Litbang Kompas, dikutip Senin, 11 Desember 2023.

Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024

Photo :
  • VIVA

Dalam hasil survei tersebut, elektabilitas Prabowo-Gibran disebutkan unggul di semua kategori usia khususnya generasi Z dan Y (milenial) dengan persentase sebesar 54,5%.

Hasil survei yang sama turut mengungkap bahwa Prabowo-Gibran juga unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden.

"Suara untuk pasangan ini lebih tinggi daripada dua pasangan calon lawannya, baik di perdesaan maupun perkotaan, serta dominan di kalangan perempuan dan laki-laki," ungkap hasil survei Litbang Kompas.

Selanjutnya, keunggulan suara pasangan Prabowo-Gibran juga tampak pada hampir semua kelompok pemeluk agama, semua strata pendidikan, dan kelas sosial ekonomi.

Survei Litbang Kompas kali ini dilakukan secara tatap muka dengan jumlah responden sebanyak 1.364 orang. Dalam survei tersebut ditemukan bahwa sebanyak 28,7 persen responden belum atau masih bimbang menentukan pilihannya.

Ribuan responden tersebut dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Adapun margin of error dari survei ini +/- 2,65% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya