Debat Perdana Capres Malam Ini, Begini Detail Alurnya yang Dibagi 6 Segmen

Tiga Paslon Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA

Jakarta - Debat perdana capres akan digelar Selasa, 12 Desember 2023. Bertempat di kantor KPU, debat perdana itu rencananya akan dimulai malam nanti pukul 19.00 WIB.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Debat perdana ini akan mencakup tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan dalam debat perdana ini ada terbagi dalam 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan total sehingga durasi 150 menit. Khusus untuk debat 120 menit dan di setiap segmen ada jeda iklan berdurasi sekitar 5 menit.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Di antara segmen itu, ada jeda iklan waktunya kurang lebih masing-masing 5 menit," kata Hasyim di gedung KPU, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Di segmen 1, ada kesempatan setiap capres menyampaikan visi misi dan program kerja. Durasi di segmen ini masing-masing capres diberi kesempatan 4 menit.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lalu, segmen dua dan tiga ada sesi pendalaman visi misi dan program kerja. Di sesi ini, ada pertanyaan yang diajukan moderator. Kemudian, para capres nanti akan punya kesempatan menjawab selama dua menit.

Kemudian, di segmen 4 dan 5, akan ada tanya jawab dan interaksi antar capres. Masing-masing kandidat diberi kesempatan saling menanggapi.

"Calon lain menanggapinya 60 detik, berarti 1 menit," tutur Hasyim.

Selanjutnya, di segmen 6 merupakan penutup. Di sesi ini, setiap capres akan diberi kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Adapun sudah ada 11 panelis yang dipilih dan menandatangani pakta integritas untuk debat perdana. Para panelis itu yang menyusun soal.

Untuk menjaga profesionalitasnya, para panelis juga sudah dikarantina sejak beberapa hari lalu. Lalu, moderator debat perdana yaitu duet Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

KPU sudah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres di Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024. Untuk debat perdana hari ini 12 Desember 2023. Lalu, debat kedua terjadwal 22 Desember 2023.

Sementara, debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Kemudian, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Seluruh lima kali debat capres-cawapres digelar di Jakarta.

Untuk pembagiannya, debat capres bakal digelar tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, setiap pasangan capres-cawapres harus hadir dalam lima kesempatan debat itu.

Tiga pasangan capres cawapres yang akan mengikuti lima sesi debat itu adalah pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (nomor urut 3).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya