Anies - Cak Imin Teken Pakta Integritas Ijtima Ulama, FPI Bisa Dipulihkan Lagi?

Anies Baswedan-Cak Imin menyapa warga Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • Dok PKB

JakartaIjtima Ulama telah mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. Setelah menandatangani 13 isi pakta integritas yang diajukan dari hasil tersebut.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Pengamat politik dari Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, merasa yakin kalau dukungan itu juga ada take and gift di balik dukungan dari ijtima ulama kepada pasangan Anies-Cak Imin. Bahwa jika nanti berkuasa peluang untuk ormas yang telah dibubarkan seperti FPI, kembali dipulihkan, menurutnya bisa dimungkinkan.

"Kalau Anies menang sangat mungkin ormas yang dibubarkan dipulihkan kembali," kata Adi saat dihubungi, Senin 18 Desember 2023.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Meski demikian, Adi menilai dukungan dari ijtima ulama tersebut sangat penting bagi pasangan capres-cawapres tersebut. Terutama jika pasangan Amin ini berkeinginan untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Dalam pilpres langsung, sekecil apapun dukungan politik pasti penting. Apalagi dukungan ijtima ulama pasti sangat signifikan," katanya.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Apalagi para ulama yang ada di ijtima tersebut punya jaringan massa yang solid. Itu bisa terlihat pada pilpres sebelumnya. Juga ketika pilkada DKI pada 2017. Meski untuk pilpres pada 2024 ini, Adi melihat sudah tidak sekuat dulu.

"Dalam politik satu suara tetaplah penting," tegasnya.

Kehadiran ijtima ulama yang mendukung Anies tersebut, menurutnya memberi tambahan suara. Terutam dari kelompok Islam terutama gerakan 212, yang sejak dulu diketahui punya kedekatan dengan Anies.

"Pada level ijtima tentu harapan terbesar mereka Anies bisa menang pilpres dan memperjuangkan aspirasi Islam. Minimal aspirasi kelompok yang beririsan dengan ijtima ulama," jelasnya.

Dia tidak sependapat kalau dukungan ini dinilai sebagai politik identitas. Menurutnya, dalam era pemilu dukungan dari kelompok masyarakat kepada calon tertentu adalah lumrah. Merupakan suatu yang wajar.

"Dukungan ijtima ulama bukan politik identitas. Itu dukungan politik warga negara biasa seperti dukungan komunitas Islam lain ke capres tertentu," katanya.

Sebelumnya, pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin), secara resmi telah menandatangani pakta integritas yang diajukan oleh forum Itjima Ulama, kelompok Habib Rizieq Shihab, untuk Pilpres 2024. Adapun pakta integritas tersebut berisikan 13 poin utama. 

Proses penandatanganan itu dibenarkan langsung oleh Co-Captain Timnas Amin, Yusuf Martak. Adapun tanda tangan tersebut, dilakukan oleh Anies-Cak Imin beberapa hari yang lalu. "Alhamdulillah benar sudah menandatangani beberapa hari lalu," ujar Yusuf kepada wartawan, Kamis 14 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya