Kelakar Mahfud MD Soal Debat Bukan Ujian Disertasi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD acara Peringatan Hari Migran Sedunia di Depok, Jawa Barat, Rabu, 20 Desember 2023.
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD

Depok – Debat kedua pemilihan presiden (pilpres) akan digelar pada Jumat 22 Desember 2023. Pada debat kedua nanti, ketiga calon wakil presiden (cawapres) akan adu gagasan mengenai program yang diusung.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mengaku siap menghadapi debat dua hari lagi. Pada debat kedua, tema yang diangkat adalah soal ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, hingga perkotaan. Mahfud mengaku akan menjawab semua pertanyaan sesuai kemampuannya.

“Ya pokoknya kalau saya ditanya apa saja nanti saya jawab sesuai dengan pengetahuan,” katanya di Depok, Rabu 20 Desember 2023

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Prof Mahfud Md menyampaikan kuliah umum di Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatra Barat, Senin, 18 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Muhammad Zulfikar

Mahfud mengatakan debat cawapres bukanlah ujian disertasi. Sehingga dia akan menjawab pertanyaan berdasarkan kemampuannya menangkap masalah.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

“Namanya kan debat, itu bukan ujian disertasi. Ditanya kemampuan menangkap masalah,” jawabnya.

Persoalan ekonomi berkaitan dengan isu penguatan UMKM, penyaluran dana desa dan ekonomi kerakyatan. Ketika ditanya apakah Mahfud sudah menguasai dan memahami isu tersebut, dirinya mengatakan belum tentu isu itu yang akan ditanya panelis nantinya.

“Kalau saya siap itu, tapi ndak ditanya itu bagaimana,” pungkasnya.

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Untuk tema debat kedua nanti adalah mengenai ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya