Cak Imin: 100 Orang RI Kekayaannya di Atas 100 Juta Penduduk, Ini Harus Kita Slepet! 

Paslon capres dan cawapres nomor urut satu Anies-Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias cak imin bicara soal kemakmuran dan keadilan yang dirasakan saat ini oleh rakyat Indonesia. Ia mengatakan, akan melakukan 'slepet' terhadap ketidakadilan yang terjadi saat ini, salah satunya kekayaan rakyat yang sangat timpang.

Klaim Sudah Ajukan Fakta dan Logika, Cak Imin Pasrah Apapun Putusan MK

Dalam sesi penyampaian visi misi, Cak Imin mengatakan bahwa ‘slepet’ adalah istilah untuk menggantikan disrupsi yang menjadi awal untuk perubahan.

"Bayangkan 100 orang Indonesia kekayaannya di atas 100 juta penduduk indonesia. Artinya ini keadaan yang tidak adil, ini harus kita slepet!," kata Cak Imin dalam penyampaian visi misi di debat Cawapres, Jumat malam, 22 Desember 2023.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Ia juga menegaskan bahwa 100 orang kaya tersebut akan dipajaki lebih besar dan orang kelas menengah diturunkan pajaknya.

"Kita juga harus punya keyakinan bahwa 100 orang yang kaya ini kita pajakin bersamaan kita turunkan pajak kelas menengah di Indonesia," katanya. 

Cak Imin Blak-Blakan soal Maksud Posting Foto Bareng Dasco Gerindra

Cak Imin mengatakan bahan pokok yang mahal juga butuh 'dislepet'. Khususnya mafia dan tengkulak yang mengambil untung banyak. "Hari ini cabe mahal, beras mahal, tengkulak jahat, mafia mafia menguasai di mana mana, Padahal rakyat sudah kerja kerja kerja ini harus kita slepet," katanya.

Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan debat Pilpres akan diselenggarakan sebanyak lima kali. Debat perdana digelar pada Selasa, 12 Desember 2023. 

Hasyim mengatakan capres memiliki porsi yang lebih banyak berbicara saat debat Pilpres daripada cawapres. Capres akan berbicara sebanyak tiga kali dalam debat, sementata cawapres hanya dua kali. 

Komisioner KPU RI August Mellaz menambakan debat pertama calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) yang diselenggarakan KPU pada Selasa, 12 Desember 2023 dan akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio. 

Mellaz menerangkan, debat pertama nanti akan disiarkan oleh TVRI dan RRI. Saling Sanggah August Mellaz memastikan dalam debat akan ada interaksi saling menanggapi saat debat pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.   

"Yang jelas ada pendalaman, kan mereka bisa saling merespons satu sama lain. Apakah itu namanya sanggah-sanggahan? Yang jelas KPU tidak dalam rangka itu," kata Mellaz di Jakarta .

KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. 

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya