Ditanya Nelayan soal Program Tol Laut Jokowi, Anies Baswedan Jawab Itu Proyek Gagal

Capres nomor urut satu Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Banyuwangi - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan ditanya oleh nelayan saat dia mengunjungi Pantai Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, 28 Desember 2023. Para nelayan bertanya kepada Anies soal transportasi apa yang akan dibuat jika terpilih menjadi presiden kelak. Para nelayan mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah membuat tol laut.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Pak Jokowi dulu mau bikin tol laut; Bapak mau buat apa untuk transportasi laut di Indonesia?" tanya nelayan kepada Anies.

Anies pun menjawab bahwa tol laut tidak efisien dalam menurunkan harga logistik di Indonesia.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Ilustrasi tol laut.

Photo :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

"Gini: Bapak Presiden sendiri mengatakan bahwa program tol laut telah gagal menurunkan biaya logistik kita. Jadi, biaya logistik kita tetap tinggi karena dulu diharapkan dengan adanya program tol laut maka biaya logistik kita makin menurun," kata Anies.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Jadi, hari ini mengirim barang dari Jakarta Pak ke Makassar, ke Jakarta ke Medan, Jakarta ke Bali, itu lebih mahal dari pada Jakarta ke Hong Kong, Jakarta ke Singapura, Jakarta ke Shanghai. Coba bayangkan: di dalam negeri kita sendiri itu biaya pengirimannya menjadi lebih mahal daripada luar," Anies menambahkan.

Anies mengaku memilih untuk membenahi dari yang paling dasar, yakni memperbaiki sarana dan prasarana pelabuhan. "Yang harus dikerjakan adalah mengefisienkan mata rantai pasoknya. Apa itu? Mulai dari infrastruktur pelabuhan diperbaiki," ujarnya.

Selain itu, Anies juga akan membuat regulasi untuk mempercepat proses bongkar muat. Dengan begitu, harapannya jalur pengiriman logistik tidak lagi terhambat.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Kemudian, yang kedua, mempercepat bongkar muat, diberikan ukurannya, proses bongkar muat itu maksimal berapa umpamanya dan disesuaikan dengan kapasitas yang ada," katanya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun menyebut regulasi tak akan berjalan mulus jika masih ada pungutan liar (pungli). Maka Dia berjanji akan memberantas pungli dengan serius langsung dari hulu jika terpilih menjadi presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya