Mahfud Md Perkenalkan Program 'Gastronomi' yang Lebih dari Sekedar Makan Siang Gratis

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md saat memberikan sambutan dalam acara Konsolidasi Akhir Tahun Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan Relawan Ganjar-Mahfud di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Rio Feisal

Jakarta - Calon wakil presiden Mahfud Md mengatakan dirinya bersama calon presiden Ganjar Pranowo memiliki program yang lebih dari sekedar makan siang gratis yang merupakan gagasan unggulan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

"Ya, begini ya, kalau makan siang gratis itu menurut [kami] baguslah. Tetapi prospeknya apa? Kami lebih dari itulah. Orang tidak hanya dikasih ikan, tetapi diberi pancingnya," kata Mahfud usai menghadiri acara Konsolidasi Akhir Tahun Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan Relawan Ganjar-Mahfud di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2023.

Mahfud menjelaskan bahwa pihaknya mempunyai program bernama gastronomi, tetapi program tersebut bukanlah program khusus melainkan program jangka panjang.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kalau soal makan, kami punya program namanya gastronomi: bukan hanya makan siang, tetapi makanannya juga sehat. Karena makan siang gratis, susu, dan sebagainya itu kan impor, kira-kira gambarannya barang-barang impor," katanya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Ia menambahkan, "kalau gastronomi, dari bumi-bumi kita, danau kita. Itu nanti, tetapi tidak dalam sebuah program yang khusus dan seketika gitu. Itu nanti akan menjadi bagian dari program yang jangka panjang, gastronomi."

Dalam acara tersebut, Mahfud menyinggung memiliki 21 program unggulan yang dinilai lebih dari sekadar program makan siang.

"Kami punya program-program unggulan khusus perbaikan untuk rakyat ada 21 program tepat sasaran yang itu tidak mengada-ada dan Insya Allah bisa direalisasikan. Lebih dari sekadar makan siang," kata Mahfud yang disambut riuh hadirin.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ganjar juga sempat menyinggung program makan siang gratis saat memberikan sambutan dalam acara sarasehan bersama eksponen, alumni, dan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menceritakan pengalaman dirinya bertemu dengan seorang pendeta bernama Leo saat berkampanye di Papua Selatan. Pendeta Leo, kata Ganjar, menolong seorang ibu melahirkan ketika tidak ada fasilitas layanan kesehatan di tempat tinggal mereka.

“Bapak-Ibu, bagaimana menolongnya? Mereka kalau membawa ke rumah sakit, rumah sakitnya jauh. Ke mana mereka harus lewat? Bukan [karena] jalannya rusak atau jelek, [tetapi] tidak ada jalan,” kata Ganjar di Jakarta, Kamis.

“Dan kemudian kita berpesta pora ngomong tinggi-tinggi sekali. Maaf, dan kemudian Rp400 triliun mau digunakan untuk makan siang,” ujar Ganjar, yang disambut riuh hadirin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya