Dampingi Kampanye Cak Imin, JK Ingatkan Pemimpin Jangan Emosional

Mantan Wapres Jusuf Kalla mendampingi kampanye Cak Imin
Sumber :
  • Antara

Surabaya – Wakil Presiden 10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa seorang pemimpin bangsa harus memiliki pikiran tenang dan tidak emosional. Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki gagasan dan bersikap tenang dalam memimpin bangsa Indonesia.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Hal tersebut disampaikan JK saat mendampingi cawapres Muhaimin Iskandar berkampanye di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 10 Januari 2024. 

"Karena persoalan bangsa ini banyak, (maka) harus tenang pikiran, harus ambil keputusan yang baik," kata JK dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Atas dasar itu, JK mengingatkan kepada pasangan calon AMIN untuk berkampanye dengan baik. Anies dan Muhaimin harus menjelaskan gagasan-gagasan untuk meyakinkan masyarakat bahwa mereka merupakan para pemimpin yang bisa diberikan amanah.

Arsip foto - Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Anggota Tim Delapan Sudirman Said (kanan) memberi keterangan di kediaman JK, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

"Tentu harus memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa memang AMIN ini merupakan pemimpin yang bisa dipercaya, amanah, dan juga cerdas untuk kemajuan bangsa," ujar JK.

Terkait kampanye hari ini, mantan Ketua Umum Golkar itu mengapresiasi dan salut dengan para pendukung AMIN, karena mau berjuang meskipun mengalami keterbatasan. "Tidak punya alat peraga yang tersebar, tetapi semangat masyarakat tinggi sekali," kata JK

JK yang turun kampanye mendampingi Cawapres Muhaimin Iskandar, mengaku sengaja ikut kampanye karena ingin melihat secara langsung kondisi dukungan masyarakat Jawa Timur terhadap pasangan AMIN. "Melihat semangat, membantu memberikan semangat teman-teman di sini," tambahnya.

Oleh karena itu, dia pun mengingatkan kepada pasangan AMIN agar berkampanye dengan sopan serta menyampaikan gagasan-gagasan yang bisa meyakinkan masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 M Jusuf Kalla menegaskan sikap politiknya mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan tagline Amin di Pemilihan Umum Presiden 2024.

"Jadi hari ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap (dukung Amin). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," kata Jusuf Kalla saat menghadiri acara silaturahim digelar Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan Amin, di Gedung Islamic Centre IMIM, Makassar, Selasa malam, 19 Desember 2023. 

Dalam kesempatannya itu, pria akrab disapa JK, bercerita bahwa Anies Baswedan boleh dikatakan adalah murid politiknya. Selama ini ia banyak memberikan masukan terkait permasalahan bangsa.
 
"Boleh dibilang saya mengajarkan politik Anies dulu di Universitas Paramadina tiap Jumat kita makan siang sama-sama. Dan saya memberikan mereka isu-isu dan pengalaman politik tiap Jumat. Dari situ saya mengerti bahwa Anies cepat mengerti persoalan dan memberi dasar pengetahuan untuk menyelesaikannya," ujarnya Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia ini. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya