Hasto Beberkan Persiapan Mahfud MD Hadapi Debat Cawapres

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD siap menghadapi debat cawapres kedua yang akan digelar pada 21 Januari 2024 mendatang.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Ia menyebut Mahfud mempersiapkan debat cawapres dengan turun ke masyarakat dengan melihat problematika konkrit yang dihadapi. 

"Tema ke depan menempatkan daya unggul Prof Mahfud. Tentu saja Prof Mahfud mempersiapkan debat tersebut dengan turun ke bawah, dengan melihat problematika konkrit yang dihadapi rakyat, sehingga gagasannya akan membumi," ujar Hasto kepada wartawan di, Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 16 Januari 2024.

Ahok: Yang Mau Mimpin Jakarta Harus Bisa Buktikan Hartanya Dari Mana

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • PDIP

Hasto mengatakan, tema debat cawapres selanjutnya membutuhkan pengetahuan hukum sebagai landasan. 

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

"Tema debat ke depan kan ini sumber daya alam, tentang suitstunable development, tentang desa kemudian tentang lingkungan, itu semua kan memerlukan hukum sebagai pilar. Jadi hukum itu menyentuh seluruh nafas kehidupan kita, ketika hukum dilanggar kemudian tidak ada budaya tertib hukum yang seharusnya menegakkan hukum sibuk urusan lain, maka hukum sangat diperlukan," ucap dia. 

Sebagai informasi, KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Debat capres pertama diselenggarakan oleh KPU RI pada Jumat, 12 Desember 2023 dengan mengusung tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Kemudian, debat kedua diselenggarakan pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat calon wakil presiden (cawapres) putaran pertama Pilpres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar video.

Debat ketiga, diselenggarakan pada Minggu, 7 Januari 2024 dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Adapun debat keempat diselenggarakan pada Minggu, 21 Januari 2024, dengan tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Debat kelima diselenggarakan pada Minggu, 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya