Abu Bakar Baasyir Blak-blakan Dukung Anies: Paling Cocok Gantikan Jokowi

Ustaz Abu Bakar Baasyir
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Pendiri Pondok Pesantren Al Mukmnin, Ngruki, Sukoharjo, Ustaz Abu Bakar Baasyir telah memutuskan untuk mendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pasangan tersebut dinilai mewakili kalangan umat Islam dibandingkan pasangan capres-cawapres lainnya.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Awal mula munculnya pernyataan dukungan mantan narapidana terorisme (napiter) terhadap pasangan nomor urut 1 itu setelah beredanya rekaman Abu Bakar Ba’asyir di media sosial. Akun TikTok @aniesvisioner mengunggah suara rekaman Ba’asyir yang dengan jelas mendukung pasangan AMIN.

Salah satu putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim Ba’asyir membenarkan jika suara yang muncul di dalam akun TikTok @aniesvisioner merupakan ayahnya. Saat itu Ba’asyir sedang menjawab pertanyaan jemaahnya yang menghubunginya lewat sambungan telepon sepekan lalu terkait dukungannya saat Pilpres 2024 mendatang.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Abu Bakar Baasyir mendatangi Balai Kota Solo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

“Iya benar. Tapi itu kan konteksnya adalah beliau sedang menjawab pertanyaan salah satu jemaah saja. Artinya bukan sebuah rekaman yang memang sengaja dibuat untuk disebarkan. Jadi ada jemaah nanya kepada beliau by phone, dan jawabnya seperti itu,” kata putra Ba’asyir yang akrab disapa Iim ketika dihubungi VIVA, Senin malam, 15 Januari 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menurut dia, Ba’asyir mendukung pasangan nomor urut 1 karena hasil renungan sendiri pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki itu menjelang pelaksanaan Pilpres 2024. Selain itu juga berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dari sejumlah pihak dan pemberitaan di media sehingga Ba’asyir menilai pasangan Anies-Cak Imin cocok menggantikan Presiden Jokowi.

“Ya tampaknya itu dari informasi-informasi yang beliau dapatkan dari mengikuti perkembangan di media dan sebagainya, tampaknya beliau melihat bahwa sosok yang beliau pandang cocok untuk mimpin negeri ini ke depan adalah Anies,” tegasnya.

Dukungan Ba’asyir kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1, dikatakan Iim akan disampaikan kepada para jemaah. Pasalnya Abu Bakar Ba’asyir sejak lama tidak pernah menutupi apapun keputusan yang telah diambilnya,sehingga jika memang keputusannya itu dianggap benar dan yakin akan disampaikan kepada siapapun.

“Yang penting untuk kepentingan dakwah Islam dan sebagainya yang dia lihat untuk kepentingan bangsa dan kaum muslimin di negeri ini,” harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya