Akun Instagram Mahfud Kena Hack, Kubu Paslon 03 Ngadu ke Meta

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md usai menghadiri dialog di kampus Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 13 Januari 2023.
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud

Jakarta – Akun instagram calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab. Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud langsung menghubungi pihak perusahaan.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

"Intinya betul di hack. Kami lagi mengurus ini ke perusahaan yang membawahi FB dan IG, Meta," kata Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim saat dihubungi, Selasa, 16 Januari 2024.

Chico berharap agar postingan atau unggahan Mahfud MD tak banyak menyesatkan masyarakat. "Semoga saja tidak ada postingan lain yang menyesatkan sebelum akun ini bisa di stop," katanya.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Kabar mengejutkan datang dari calon wakil presiden (cawapres) no urut 3, Mahfud MD lantaran akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd diduga diretas oleh oknum tak bertanggung jawab.

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa
Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju

Hal itu terlihat dari unggahan Mahfud MD yang tiba-tiba saja mengunggah video yang diduga berisi tentara Israel. Keterangan dalam unggahan tersebut berisikan tulisan dalam bahasa Ibrani yang bermakna soal Tuhan berada di atasnya dan siapa yang bisa mengendalikannya. 

“Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?” tulis keterangan dalam unggahan Mahfud MD yang diduga diretas dan telah diterjemahkan VIVA pada Selasa, 16 Januari 2024. 

Dalam video tersebut, terlihat diduga para tentara Israel yang menggunakan seragam mereka sedang menyundul bola. Bola tersebut disundul dari satu orang lain ke orang lainnya. Mereka tampak menyundul bola di depan laut dan pantai. 

Dalam latar belakang di awal video, terlihat lambang Israeli Navy atau Angkatan Laut Israel pada Angkatan Pertahanan Israel yang beroperasi di Laut Tengah, Teluk Aqaba dan Laut Merah. Sehingga kemungkinan besar para tentara tersebut memang benar tentara Israel. 

Hingga saat ini, video yang diunggah di akun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut telah ditonton sebanyak hampir 300 kali, mendapatkan lebih dari 5 ribu tanda suka, dan 1,4 ribu komentar di kolom komentarnya. 

Sementara itu, pihak Kemenkopolhukam juga membenarkan peretasan akun media sosial instagram Mahfud MD.

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

"Saat ini status akun Instagram pribadi Bapak Mahfud MD diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola," ujar Staf Khusus Menkopolhukam, Rizal Mustary dalam keterangan resminya.

Rizal mengatakan bahwa peretasan akun media sosial Mahfud MD itu terjadi sejak Selasa, 16 Januari 2024 siang hari. Pihak Kemenkopolhukam sedang berupaya menyelesaikan masalah tersebut.

"Situasi ini terjadi sejak siang hari Selasa tgl 16 Januari 2024, dan upaya pemulihan sedang dilakukan. Segala post dan direct message dari akun tersebut sejak siang hari ini bukanlah dari Bapak Mahfud MD," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya