Anies Andalkan Program Makan Ikan dibanding Makan Siang dan Susu Gratis

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) saat menyampaikan paparannya pada acara Desak Anies bersama tenaga kesehatan di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan solusi untuk kasus prevalensi kekerdilan pada anak atau stunting bukan hanya memberikan makan siang dan susu gratis kepada anak-anak.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Di hadapan para tenaga kesehatan di acara Desak Anies di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024, Anies mengatakan stunting dapat menghambat tumbuh kembang anak dan berdampak seumur hidup. Menurut dia, memberikan makan siang terhadap anak-anak sudah terlambat untuk menangani prevalensi stunting.

"Penanganannya tidak bisa di masa sekolah. Jadi, enggak cukup dikasih makan siang, sudah terlambat. Enggak cukup," kata Anies.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Kampanye cegah stunting di Bundaran HI, Jakarta. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Menurut mantan gubernur DKI Jakarta itu, pemenuhan nutrisi harus diberikan kepada ibu hamil, sehingga dapat dilakukan intervensi sejak dini atau di 1.000 hari pertama usia anak.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Selain soal makanan, Anies juga mengatakan imunisasi tuntas dan pola asuh yang tepat dapat mencegah prevalensi stunting. Selain itu, kepedulian terhadap ibu hamil juga perlu diperhatikan, sebab merekalah yang mengandung calon pemimpin bangsa Indonesia.

Anies menambahkan harus ada kebijakan dari Pemerintah pusat mengenai panduan pelayanan kesehatan ibu hamil dan anak usia dini yang dapat dikelola di daerah.
​​​​​​​
Selain itu, menurut dia, banyak anak mengalami intoleransi laktosa, sehingga nutrisi yang didapat tidak harus melalui susu, tetapi juga sumber pangan dari laut.

Ikan Hasil Tangkapan Nelayan. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • Antara/

​​​​​​​
"Kalau [hanya] dari susu, nanti pabrik-pabrik susu yang akan hidup dari proyek ini. Tetapi kalau kita dorong [makan] ikan, maka kita akan dapat ikan itu di semua tempat dengan mudah. Di danau dapat, di laut dapat, dan harganya terjangkau, aksesnya mudah," ujar Anies.

Apabila anak-anak Indonesia dibiasakan sejak awal untuk mengonsumsi makanan sehat yang diproduksi dalam negeri, maka ke depan akan terlatih untuk tidak menjadi konsumen impor.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya