Kaesang Ikut Tanggapi Isu Ada Menteri Mau Mundur: Semua Solid

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep ikut menanggapi isu sejumlah pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mau mengundurkan diri dari Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menurut dia, para menteri yang membantu ayahnya itu semua solid.

Zulhas Tak Persoalkan Jumlah Jatah Menteri untuk PAN di Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Saya kira semuanya solid," kata Kaesang dikutip dari Antara pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Sebagai pimpinan salah satu partai pendukung pemerintah, Kaesang mengatakan kabar soal sebagian menteri mengundurkan diri dari kabinet hanya isu yang tak benar. Isu seperti itu biasa digembor-gemborkan pihak tertentu dan bersifat politis.

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

"Biasa kan namanya isu politik juga pasti selalu ada, kemarin kan digembor-gemborin Pak Faisal Basri, bisa tanya Pak Faisal Basri untuk kebenarannya," kata Kaesang yang merupakan putra Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, Kaesang mempersilakan menanyakan langsung kepada para menteri yang diisukan mau mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju tersebut.

Pangeran MBS Bertemu Presiden Palestina, Ini yang Jadi Pembahasan

"Kan Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) sudah ditanya, Pak Airlangga (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian), nanti tinggal ditanya ke yang lain," kata dia.

Kocaknya Kaesang pakai kaos PSI, Pecinta Samsul Indonesia

Photo :
  • TikTok @maswaliran

Sebelumnya diberitakan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati buka suara soal diisukan bakal mundur dari Kabinet Indonesia Maju era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini disampaikan usai Sri Mulyani ikut rapat internal di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat, 19 Januari 2024.

Ketika ditanya soal isu mengundurkan diri, Sri Mulyani cuma menjawab singkat. “Ini saya bekerja,” kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan.

Selanjutnya, Sri Mulyani berjalan untuk masuk mobil ketika ditanya ada ajakan supaya mundur menjadi anak buah Presiden Jokowi.

Diketahui, Ekonom Senior Faisal Basri mengajak sejumlah kalangan untuk membujuk beberapa anak buah Presiden Jokowi agar mundur dari Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sebab, Faisal melihat Pemerintahan Jokowi sangat terkesan berpihak kepada salah satu pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden tertentu pada Pemilu 2024.

Bahkan, Ia mengklaim ada menteri yang sudah siap mundur. Salah satunya, kata dia, menteri yang paling siap mundur dari Pemerintahan Jokowi adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selain itu, ia juga menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diklaim ingin meninggalkan Kabinet Indonesia Maju.

“Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," kata Faisal pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Namun, kata dia, Sri Mulyani dan menteri lainnya tengah menunggu waktu yang tepat untuk hengkang dari Pemerintahan Jokowi.

"Katanya nunggu momentum. Mudah-mudahan momentum ini segera, Insya Allah jadi pemicu yang dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto)," pungkasnya.(ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya