Wakil Ketua MPR: Sudahi Gesekan Selama Masa Kampanye agar Nuansa Perselisihan Hilang

Politisi Partai Demokrat Syarief Hasan (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jakarta - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Sjarifuddin Hasan atau karib disapa Syarief Hasan mengajak agar masyarakat untuk menyikapi masa tenang Pemilu 2024 dengan bijak. 

Timnas Amin Bubar, Syaugi Alaydrus: Mudah-mudahan Bisa Bertemu Lagi untuk Berjuang

Ia berharap masyarakat mengartikan pesta demokrasi punya tujuan membangun kesejahteraan bangsa dan negara.

"Isi masa tenang ini dengan sama-sama menyatukan visi bahwa pemilu diselenggarakan dengan satu tujuan besar, yakni demi kemajuan dan kesejahteraan bersama," kata Syarief Hasan, Selasa, 13 Februari 2024.

Jazuli: Keputusan PKS Koalisi atau Oposisi Tak Pernah Selera Personal

Politikus Demokrat itu menegaskan, pemilu merupakan sarana menegakkan demokrasi di Indonesia. Hal itu sesuai amanah konstitusi yang telah sama-sama disepakati.

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Bubarkan Timnas AMIN Usai Kalah di Pilpres, Cak Imin: Spirit Perubahan Tak Boleh Berhenti

Karena itu, kata dia, menjaga pemilu agar tetap lancar tanpa timbulnya perselisihan yang mengakibatkan rusaknya persatuan yang sejak lama terjalin kuat adalah tanggung jawab seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali.

"Seperti kita ketahui, sepanjang proses tahapan pemilu, apalagi tahap kampanye terbuka terutama pasca debat capres-cawapres, muncul gesekan-gesekan yang mengakibatkan suasana panas dan menimbulkan ketidaknyamanan yang dirasakan seluruh rakyat Indonesia. Di masa tenang ini, sudahi semua gesekan itu agar ketika waktu pencoblosan tiba, semua nuansa perselisihan hilang, berganti suasana nyaman," ujarnya.

Syarief juga mengajak peserta atau kontestan pemilu dan seluruh rakyat Indonesia fokus menjaga agar Pemilu 2024 berjalan memenuhi asas jujur dan adil (jurdil), termasuk tidak ada kecurangan yang dikhawatirkan akan menimbulkan potensi perselisihan baru yang lebih panas.

"Saya juga meminta petugas yang mempersiapkan segala logistik persiapan pencoblosan nanti, agar melaksanakan tugas dengan baik jangan ada yang terlupa, rusak atau tidak lengkap. Petugas KPPS agar mempersiapkan diri dan kesehatan, untuk aparat keamanan agar melaksanakan tugas dengan baik, agar pemilu berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya