Pileg Babel, 3 Caleg Ini Berpeluang Masuk Senayan versi Quick Count

Lembaga survei Trias Politika Strategis menggelar quick count Pileg di Babel
Sumber :
  • Istimewa

Bangka BelitungLembaga Survei Trias Politika Strategis merilis hasil hitung cepat atau quick count untuk Pileg 2024 di daerah pemilihan (dapil) Kepulauan Bangka Belitung. Hasilnya, terdapat sejumlah nama yang berpeluang besar masuk ke Senayan sebagai anggota legislatif yang berasal dari tiga partai berbeda.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

“Berdasarkan data hitung cepat Pileg DPR RI 2024 dapil kepulauan Bangka Belitung yang kami lakukan, terdapat tiga calon anggota legislatif (caleg) yang berpeluang besar lolos ke Senayan. Mereka adalah Melati Erzaldi (Gerindra), Rudianto Tjen(PDIP), dan Bambang Patijaya (Golkar)," kata Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro saat menampilkan data hitung cepat di Soll Marina Hotel dan Conference Center Bangka, dikutip Jumat, 16 Februari 2024.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Agung menjelaskan, para caleg yang bisa lolos ke senayan didasarkan pada hasil hitung cepat yang diakumulasi dengan suara partai dengan raihan persentase suara tertinggi berdasarkan hasil hitung cepat.

“Hasil hitung cepat Gerindra mendapat 22,36%, PDIP mendapat 22,01% dan Golkar mendapat 15,03%,” ujar Agung.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Agung melanjutkan, persentase partai yang lolos ke senayan pada dasarnya sudah mulai terlihat dan terpola sejak persentase data masuk 70-an persen. Sehingga dia meyakini, tidak akan ada perubahan signifikan hingga nantinya data masuk 100 persen.

“Berdasarkan pengalaman kami dalam berbagai Quick Count baik pileg, pilpres maupun kontestasi pilkada, polanya kurang lebih hampir sama dan tak akan berubah jika sudah 70-an persen data masuk. Apalagi sekarang data masuk sudah 90-an persen. Saya mengamati datanya sangat stabil serta selisih persentase antara caleg jauh bahkan sangat jauh," kata Agung.

Warga Papua melintas di dekat spanduk sosialisasi Pemilu 2019 di Kantor KPUD Wamena, Jayawijaya. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Sebagai informasi, quick count yang dilakukan oleh Trias Politika Strategis menggunakan sampel 500 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar secara proporsional pada tujuh kabupaten/kota di provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diketahui metode sampling, Trias Politika Strategis menggunakan Stratified Cluster Systematic Random Sampling, dengan tingkat kepercayaan 95,0% dan MoE (Margin of Eror) +/- 1%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya