PAN Anggap Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Bisa Kurangi Ketegangan Antar Pendukung

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyambut baik pertemuan yang terjadi antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.  Menurutnya, pertemuan itu wajar dilakukan mengingat kontestasi Pileg dan Pilpres 2024 sudah selesai. Semua pihak kata Saleh harus kembali duduk bersama demi kepentingan negara.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

"Pilpres dan pileg sudah selesai. Rakyat sudah menentukan pilihan. Sudah pada saatnya, semuanya duduk bersama. Kembali memikirkan apa yang akan dilakukan untuk memajukan bangsa dan negara," kata Saleh saat dikonfirmasi wartawan, dikutip Selasa, 20 Februari 2024. 

Presiden Jokowi dan Ketum Nasdem Surya Paloh

Photo :
  • ANTARA Foto
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Saleh menganggap, pertemuan Jokowi dan Paloh dapat mengurangi ketegangan yang terjadi antara para pendukung.

Dia berharap, apa yang dilakukan Jokowi dan Surya Paloh ini dapat diikuti oleh masing-masing capres dan cawapres kelak. Sebab, hal itu dapat diindikasikan sebagai bentuk cinta pada Tanah Air.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Kalau ada silaturrahmi seperti itu, pasti akan mengurangi ketegangan antar pendukung. Apalagi kalau capres dan cawapresnya bisa bertemu. Tentu sembari menunggu hasil akhir," ungkapnya.

"Saya menilai, itu justu sangat penting. Itu bisa diindikasikan sebagai bentuk kecintaan pada bangsa dan negara. Dengan begitu, semuanya menjadi tenang," tandas Saleh.

Seperti diketahui, pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi di Istana pada Senin malam jadi sorotan. Sebab, posisi Nasdem di Pilpres 2024 berseberangan dengan Jokowi.

Nasdem diketahui bagian dari Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Terkait pertemuan itu, Jokowi mengaku bahas isu politik saat berkomunikasi dengan Paloh di Istana.

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Meski demikian, Jokowi enggan membeberkan isu yang dibahas saat pertemuan berlangsung. Jokowi hanya menyebut pertemuannya dengan Surya Paloh merupakan sesuatu yang biasa tidak ada yang istimewa.

"Pertemuan Politik biasa, bicara masalah politik juga biasa," kata Jokowi kepada awak media di RSPPN Panglima Soedirman, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin, 19 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya