Airlangga Sebut Jokowi Bakal Berperan di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat meninjau penyaluran bantuan pangan di Desa Batu Cermin, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 15 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut berperan nanti di pemerintahan yang baru. Namun Ketum Partai Golkar itu belum bisa mengungkap jelas seperti apa bentuk keterlibatan Jokowi dalam pemerintahan periode 2024-2029.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Tentu akan ada perannya, tapi kita tunggu," kata Airlangga ditanyai awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 27 Februari 2024.

Presiden Jokowi makan malam bersama Capres Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok Prabowo
Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Airlangga juga menjawab diplomatis terkait pandangan sejumlah pihak yang menyebut Jokowi terlalu cawe-cawe terhadap pemerintahan akan datang. Namun, dia meminta semua pihak untuk menunggu keputusan KPU.

"Kita tunggu keputusan KPU," kata Airlangga.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Diketahui, program Prabowo-Gibran bahkan sudah mulai dibahas di rapat kabinet Jokowi. Salah satu yang disinkronkan anggarannya yakni program makan siang gratis.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Program makan siang dan susu gratis yang diusung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Airlangga menuturkan bahwa program makan siang dan susu gratis ini akan masuk ke dalam pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

"Masuk (KEM-PPKF)," ujar Airlangga kepada wartawan di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

Airlangga mengatakan dirinya akan nonton bareng (nobar) penghitungan quick count yang akan digelar siang nanti bersama dengan Prabowo Subianto Capres Nomor Urut 02.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Namun, Airlangga tidak menjelaskan lebih jauh mengenai hal ini. Dia menuturkan bahwa KEM-PPKF akan dibahas dalam rapat Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 26 Februari 2024.

"PPKF sedang dibahas, nanti Senin akan ada sidang kabinet jadi tunggu aja Senin," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya